UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Nomina aktionis

Lilie Mundalifah Roosman; Salverda, Reinier, supervisor; Muhadjir, examiner; Montolalu, Lucy Ruth, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1989)

 Abstrak

ABSTRAK
Pertanyaan utama yang menggugah penulis adalah, apa yang terjadi jika verba Belanda menjadi nomina aktionis. Jika masalah utama ini diuraikan timbullah tiga masalah mengenai nomina aktionis ini, yaitu: (1) Apakah yang dimaksud dengan nomina aktionis? (2) Proses-proses apa saja yang dapat mengubah verba menjadi nomina aktionis? (3) Bagaimana perubahan sintaktis dan semantis yang mengikuti perubahan verba menjadi nomina aktionis? Pemilihan topik nomina aktionis sebagai pokok pembahasan bukanlah tanpa alasan. Ada maksud-maksud tertentu yang ingin dicapai penulis dari pembahasan-pembahasan yang akan dilakukan nanti.
Tiga tujuan pembahasan yang berikut ini, tidak terlepas dari masalah-masalah yang dihadapi penulis di atas: (1) Untuk mengetahui ciri-ciri umum nomina aktionis. (2)Untuk mengungkapkan proses-proses terbentuknya nomina aktionis. (3)Untuk melihat perubahan struktur sintaktis akibat dari pembentukan nomina aktionis dalam struktur sintaktis yang lebih luas, yaitu frase nominal serta melihat peran-peran semantik anggota-anggota dalam struktur tersebut. Tiga tujuan pembahasan ini akan mengarahkan penguraian dan pembahasan selanjutnya. Dan hasil yang diharapkan adalah deskripsi ciri-ciri morfologis, sintaktis dan semantis dari nomina aktionis.

 File Digital: 1

Shelf
 Lilie M. Roosman.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S15753
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1989
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : iv, 80 pages ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15753 14-19-534557846 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159498
Cover