UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Tinjauan metodologis atas pengajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri. Studi kasus : MAN 13 Jakarta

Risma Handini; Basuni Imamuddin, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pengajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 13 Jakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan pada guru dan sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, dalam hal ini pengajaran bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam metode ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, angket dan observasi langsung.
Fokus penelitian ini adalah metode pengajaran bahasa Arab yang diterapkan di MAN 13 Jakarta dengan sampel dan populasi, yakni siswa kelas I MAN 13 Jakarta. Metode yang diterapkan oleh guru bahasa Arab dalam mengajar adalah Translation Method atau Metode Terjemahan, Direct Method atau Metode Langsung, dan Mim-mem Method atau Metode Ingat dan Tiru. Berdasarkan metode tersebut maka porsi yang diberikan guru terhadap kemahiran berbahasa sebesar 50 % untuk membaca (qiro 'all), 25% untuk menulis (insya') dan 25% untuk berbicara (hiwar).
Pembagian porsi tersebut dilatarbelakangi oleh tingkat pengetahuan siswa yang berbeda terhadap bahasa Arab. Berdasarkan basil angket dapat diketahui bahwa siswa yang berasal dari SMP berjumlah 64 orang atau 40,51 %, siswa yang berasal dari MTs berjumlah 72 orang atau 45,56 % sedangkan siswa yang berasal dari pesantren berjumlah 18 orang atau 2,53 %. Empat siswa tidak menjawab sehingga tidak dapat diketahui Tatar belakang pendidikan sebelumnya.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S13321
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 51 [6] lembar ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S13321 14-22-25625074 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159698
Cover