UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Fungsi-fungsi gedankenstrich dalam surat kabar Bild edisi 7 AGustus 2004

Julia Wulandari; Pattinasarany, M. Sally H.L., supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Gedankenstrich (-) merupakan salah satu tanda baca yang digunakan dalam surat kabar BILD. Gedankenstrich memiliki banyak fungsi yang dapat terlihat dalam penggunaannya di antara kalimat dan kata, serta di dalam kalimat. Dalam skripsi ini, saya meneliti fungsi-fungsi dan frekuensi kemunculan Gedankenstrich dalam surat kabar BILD. Data yang dijadikan objek penelitian berasal dari surat kabar BILD edisi 7 Agustus 2004.
Sebagai landasan teori, saya menggunakan teori dan DUDEN mengenai fungsi-fungsi Gedankenstrich menurut tata bahasa Jerman dan teori dari Mittelberg mengenai bahasa BILD dan fungsi-fungsi Gedankenstrich menurut surat kabar BILD. Untuk mendapatkan fungsi-fungsi Gedankenstrich yang lebih lengkap, saya menggabungkan teori mengenai fungsi-fungsi Gedankenstrich dari DUDEN dan Mittelberg sebagai dasar dalam menganalisis.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa Gedankenstrich dalam surat kabar BILD edisi 7 Agustus 2004 rnempunyai kaitan dengan bahasa BILD. Kaitan ini disebabkan fungsi-fungsi yang paling banyak digunakan dalam surat kabar BILD edisi 7 Agustus 2004 dapat memberi efek penekanan dan tidak terduga untuk meninggalkan kesan penuh emosi, afektif, dan tidak terduga menurut ciri khas bahasa BILD.

 File Digital: 1

Shelf
 Julia Wulandari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S14703
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 102 lembar : ill. ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S14703 14-20-551651723 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159755
Cover