UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Metafora dalam artikel majalah sepak bola On-Line Kicker

Prisa Rarasati; Pattinasarany, M. Sally H.L., supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Metafora adalah salah satu gaya bahasa yang mengumpamakan referen satu dengan referen lain. Dalam skripsi ini, objek yang diteliti adalah metafora yang mendeskripsikan pemain sepak bola dan tim kesebelasan suatu negara. Oleh karena itu, metafora yang digunakan untuk menggambarkannya merupakan metafora nomina. Skripsi ini meneliti metafora dan ranah asal nama posisi pemain sepak bola dan tim kesebelasan dalam artikel on-line Kicker dari aspek semantik dan sintaksis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metafora apa saja yang digunakan untuk mendeskripsikan pemain sepak bola dan tim kesebelasan serta jenis metafora tersebut berdasarkan teori dari Ingendahi (1969: 44-49). Setain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ranah yang digunakan dalam memetaforakan pemain sepak bola dan tim kesebelasan.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat 28 metafora yang mendeskripsikan pemain sepak bola dan tim kesebelasan di dalam data yang diteliti ini. 15 metafora di antaranya termasuk dalam metafora nomina babas dan 13 metafora termasuk metafora nomina atributif. Penelitian ini menunjukkan juga, bahwa terdapat 25 metafora yang berasal dari ranah asal perang.

This thesis aims ti research metaphor in article on-line Kicker, which use football player if fottball team as its reference from the semantics point of view. Words, which refer to fottball player and football team belong to noun. Therefore I choose the theory of Ingendahl, which describes kind of metaphor as substantive. This research also describes domain of the metaphors.
The aim of this research are to know metaphors, which describe football player or football team in the data to know kinds of the metaphors according to the theory of Ingendahl (1969: 44-49) and to know the dmain of the metaphors.
The result of the research shows, there are 28 metaphors in the data, which describe football player or football team. Fifteen metaphors belong to independent metaphor and the rest belongs to attributive metaphor. The research shows also the facts, that tere are 25 of 28 metaphors, which lexically are related to the war domain. It means, that a big pan of the metaphor, which are searched, comes from war domain.

 File Digital: 1

Shelf
 Prisa Rarasati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S15140
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 85 lembar; 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15140 14-20-532176455 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159776
Cover