UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penggunaan internet oleh dosen departemen FISIKA FMIPA-UI dalam kegiatan ilmiah

Guruh Tri Nugroho; Sulistyo Basuki, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Penelitian ini membahas penggunaan internet oleh para Dosen Departemen Fisika FMIPA-UI dalam kegiatan ilmiah, khususnya jenis sumber informasi yang digunakan, tujuan pemanfaatan sumber informasi dalam, kriteria yang digunakan dalam memilih sumber informasi berbasis internet, dan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan intemet dalam kegiatan ilmiah.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini wawancara digunakan sebagai metode pengumpulan data. Sedangkan wawancara yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini menggunakan wawancara tak berstruktur, dimana didalamnya terdiri dari wawancara mendalam. Informan yang akan diwawancara dipilih sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh penulis. Data berupa hasil wawancara kemudian diterjemahkan, dan dibuatkan tabel rekapitulasi hasil wawancara. Tabel tersebut digunakan sebagai acuan dalam melakukan analisis. Pada penyajian laporan hasil penelitian dilampirkan hasil wawancara dengan informan tanpa dikurangi atau ditambah kata-katanya, sehingga dapat menjaga keilmiahan penelitian.
Hasil penelitian menunjukan jenis sumber informasi yang biasa digunakan oleh para dosen dalam kegiatan ilmiah adalah situs yang memuat jurnal online, lebih disukai yang bersifat gratis, sumber informasi lainnya adalah e-mail yang lebih difungsikan sebagai komunikasi dengan rekan sejawat. Tujuan para dosen memanfaatkan sumber inforrnasi berbasis internet adalah sebagai bahan rujukan dan mengetahui perkembangan kegiatan ilmiah. Strategi yang digunakan dalam mendapatkan sumber informasi adalah dengan memanfaatkan google sebagai search engine. Kriteria yang diterapkan para dosen dalam memilih sumber informasi berbasis intenet adalah sumber informasi yang berasal dari disiplin ilmu science dan sudah dikenal oleh para dosen. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan internet dalam kegiatan ilrniah oleh para dosen adalah faktor external yaitu aksesibiltas yang baik, dan faktor internal yaitu pengalaman dan ketrampilan, kepuasan terhadap kinerja internet, dan persepsi terhadap mutu dan keakuratan sumber informasi berbasis internet dari para dosen.

 File Digital: 1

Shelf
 Guruh Tri Nugroho.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S15134
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 101 lembar ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15134 14-20-049829460 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159798
Cover