UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Makna-makna simbolik kartu arkana mayor pada ussian tarot of ST. Petersburg tahun 1992 karya Yuri Shakov

Nanda Rahmiana Esalawati; Zeffry Alkatiri, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Masalah yang diteliti oleh penulis adalah makna-makna simbolik yang terdapat pada kartu Arkana Mayor Russian Tarot of St.Petersburg karya Yuri Shakov. Adapun tujuan penulisannya adalah menganalisis makna simbol-simbol yang terdapat pada kartu Arkana Mayor Russian Tarot of St. Petersburg karya Yuri Shakov. Penulis dalam melakukan analisis, menggunakan pendekatan mitopoik. Pendekatan mitopoik merupakan sebuah pendekatan yang bersifat pluralis karena memuat hampir semua unsur kebudayaan, diantaranya: antropologi, agama, sejarah, filsafat, kesenian, dll. Selain itu, penulis menggunakan metode hermeneutika bukan untuk mencari makna yang benar, melainkan untuk mencari makna yang optimal. Pada akhirnya, penulis dapat mengambil kesimpulan, yaitu: (1)Russian Tarot of St.
Petersburg mengandung energi negatif sekaligus energi positif; (2)Arkana Mayor Russian Tarot of St.Petersburg mengandung makna simbolik atas kepercayaan Yazhichesky (kepercayaan paganisme sebelum masuknya Kristen ke Rusia), ajaran Kristen Ortodoks, kebudayaan, dan sejarah Rusia; dan (3) Kartu Russian Tarot of St.Petersburg mempunyai kegunaan yang berbeda bagi setiap penggunanya. Yuri Shakov menggunakannya untuk sarana penyampaian pesan atas ideologi dan kepercayaan yang dianutnya. Namun demikian, di lain pihak, kartu tersebut digunakan untuk tujuan peramalan yang sesuai dengan keyakinanan penggunanya. Seni peramalan dijadikan sebagai petunjuk dari Tuhan bagi mereka dalam menjalani kehidupan. Dengan demikian, setiap penggunanya mempunyai hak yang sama untuk menemukan makna logis berdasarkan konsep, sudut pandang, dan interpretasinya masing-masing.

 File Digital: 1

Shelf
 Makna-makna Simbolik S 0800001.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S15613
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 115 lembar : ill. ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15613 14-20-006490305 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20160068
Cover