UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Unsur kekerasan dalam dongeng Le Petit Poucet karya Charles Perrault

Estrelita Ryasti Sari; Renny Sjahrul Azwar, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan fungsi serta makna kekerasan yang terdapat dalam dongeng Le Petit Poucet karya Charles Perrault..pendekatan yang digunakan adalah pendekatan struktural. Teori yang digunakan adalah teori struktural mengenai hubungan sintagmatik dan paradigmatik dari Roland Barthes serta teori tentang sekucn dari M.P. Schmitt dan A. Viala. Analisis sintagmatik menunjukkan bahwa terdapat peristiwa yang mengandu,g unsur kekerasan dalam alur cerita. Analisis paradigmatik memperlihatkan fungsi dan makna dari unsur kekerasanyangtampakmelalui analisis tokoh, analisis latar ruang dan analisis latar waktu. Sebagai kesimpulannya, semua aspek yang dibahas dalam skripsi ini menunjukkan keberadaan, fungsi dan makna dari unsur kekerasan dalam dongeng Le Petit Poucet karya Charles Perrault.

Le but de cette recherche est de trouver la fonction et la signification de la violence qui se trouve dans le conte Le Petit Poucet de Charles Perrault. La recherche est basee sur I'approche structurale. Les theories utilisees sont celle de Roland Barthes sur les relations syntagmatiques et paradigmatiques, et celle de M.P. Schmitt dan A. Viala sur les sequences. L'analyse syntagmatique montre les evenements du recit qui reflctent la violence. L.'Thalyse paradigmatique montre la fonction et la signification de la violence qui se trouve dans l'analyse du personnage, l'analyse du lieu et l'analyse du temps.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S14379
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 63 lembar ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S14379 14-21-405346838 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20160139
Cover