UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Pelestarian koleksi buku langka di Perpustakaan Departemen Pekerjaan Umum

Subhana Nurhidayat; Tamara Adriani Susetyo-Salim, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan kondisi fisik buku langka di Perpustakaan DPU, menjelaskan faktor-faktor penyebab dan jenis kerusakan koleksi buku langka yang ditemui, menjelaskan kendala serta cara-cara yang dilakukan untuk pelestarian koleksi buku langka yang meliputi pencegahan dan perbaikan koleksi buku langka. Penelitian ini dilakukan mulai dari awal bulan April 2008 sampai dengan akhir bulan April 2008. Objek penelitian ini adalah koleksi buku langka yang terletak di Perpustakaan II gedung utama lantai 1, di jalan Pattimura No. 20 Kebayoran Baru-Jakarta. Dalam penelitian ini semua populasi diambil sebagai sampel, karena jumlah koleksi buku langka yang ada di perpustakaan jumlahnya sedikit yaitu 150 buah buku. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung untuk mengetahui kondisi fisik koleksi buku langka serta faktor-faktor yang mempengaruhi kerusakan koleksi. Dalam penelitian ini dilakukan pula pencatatan suhu yaitu berkisar 17_C, sedangkan kelembaban udara tidak diketahui karena di Perpustakaan DPU tidak terdapat alat pengukur suhu dan kelembaban yaitu thermohygrometer. Pengolahan data dilakukan dengan penghitungan frekuensi dengan menggunakan daftar pengecekan serta membuat persentase. Hasil penelitian menunjukan bahawa kondisi fisik buku langka yang berada dalam kondisi baik berjumlah 41 buah buku (27,33 %), 81 buah buku (54 %) dalam kondisi sedang, dan 28 buah buku (18,67 %) dalam keadaan buruk. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa koleksi buku langka yang terindikasi serangga sebanyak 81 buah buku (54 %), koleksi terindikasi jamur 65 buah buku (43,33 %), koleksi yang terindikasi air sebanyak 34 buah buku (22, 67 %). Prioritas utama yang harus dilakukan agar pelaksanaan pelestarian koleksi buku langka di Perpustakaan DPU berjalan lancar adalah kontrol lingkungan tempat peyimpanan terutama kebersihan lingkungan penyimpanan, serta pengaturan suhu dan kelembaban udara agar sesuai dengan standar yang dianjurkan oleh para ahli. Disamping itu perlu disusun kebijakan tertulis sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan pelestarian bahan pustaka di perpustakaan tersebut. Implementasi dari perencanaan dan kebijakan pelestarian tersebut dapat mewujudkan pelestarian buku langka yang menyeluruh di Perpustakaan DPU, baik pelestarian fisik maupun informasi yang terkandung di dalamnya.

The Research is aimed to explain rare book condition in the Department of Public Work Library (DPU), then to explain cause factors and the kind of damage this rare books collection, and finally explaining problems and methods to conserve these rare books including preventive steps and repairing steps. This research is conducted from the beginning of April 2008 until the end of April 2008. The research object concerns rare book collection in the first floor at the main building of the Library in Pattimura street number 20 Kebayoran Baru, Jakarta. All of the 150 rare books are taken as samples in this research. The technique of collecting data used in this research are by observing, in order to know the condition of these rare books and factors causing their damage. The temperature was measured 17_C by a thermohygrometer. Data collection is conducted by counting the frequency of the damage condition of the books and counting the percentage of it. Final research shows that from 150 rare books, 41 books are in good condition, 81 books are in fair and 28 books is in bad condition. The damaged condition comprise of 81, attacked by mushroom is 65 books, and got waterred is 34 books. This research found that first priority must have done for this research going well the controlling of the pleacement environment especially the neat of pleacement temperature setting air condition which is equal with recomended standard by expert. Furthermore, written rules concerning the directions research of in the library. The implementation of planning and preservation policy, would be of some use by Department of Public Work (DPU) Library concerning the rare books preservation or theirin formation contents.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S15609
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 124 lembar ; 27 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15609 14-21-246367517 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20160292
Cover