UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Relevensi pemberitaan televisi dengan pembentukan persepsi mahasiswa Jepang tentang Islam pasca peristiwa 9/11

Himawan Pratama; Bachtiar Alam, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Pasca peristiwa peledakan menara kembar World Trade Centerpada 11 September 2001 atau 9/11(dibaca sebagai nineeleven) perhatian media massa, termasuk televisi di seluruh dunia mengarah kepada dunia Islam karena dugaan hubungan para pelaku peledakan tersebut dengan negara_negara yang dianggap berafiliasi dengan Islam. Fenomena yang sama juga terjadi pada televisi_televisi Jepang. Pemberitaan terhadap negara_negara yang dianggap berkaitan dengan peristiwa 9/11maupun berbagai peristiwa yang mengikutinya memenuhi siaran berita internasional dalam televisi Jepang pada saat itu.
Media massa terutama televisi kemudian mengkonstruksi identitas dan pemahaman-pemahaman tertentu tentang Islam yang selanjutnya disebarluaskan kepada masyarakat. Bagi mahasiswa yang merupakan bagian dari kaum intelektual masyarakat Jepang televisi adalah sumber informasi yang utama dan terpercaya. Oleh karena itu mahasiswa Jepang juga menerima informasi-informasi yang disampaikan oleh televisi mengenai Islam dan kemudian membentuk sebuah persepsi mengenai Islam yang didasarkan pada pemahaman yang diperoleh dari televisi.
Dengan teori kultivasi skripsi ini akan menganalisis peran pemberitaan televisi dalam pembentukan persepsi mahasiswa Jepang tentang Islam pascaperisitwa 9/11. Televisi berperan dalam tumbuhnya pemahaman mengenai apa, bagaimana, dan bagaimana harus merespon Islam. Hal ini tidak terlepas dari besarnya kepercayaan terhadap televisi dan interaksi langsung yang terbatas antara mahasiswa Jepang dengan dunia Islam.

Abstract
After the explosion of World Trade Center, New York in September 11th 2001 (also known as 9/11) mass media, including television from all over the world put their attention to Islamic world due to suspicion that the explosion was arranged by a group which affiliated with Islamic countries. Since then Islam, as a whole, is always being reported as part of terrorisms and wars. This situation also can be seen in Japan.
Japanese television built Islam identity and broadcasted it to its viewers. For Japanese students television is a reliable source of information. Therefore they also use television to learn about Islam. Their perception about Islam, are then, constructed by television.
This research will analyze the role of television news in building Japanese university student's perception about Islam after 9/11 by using cultivation theory. Television plays its role in constructing student's perception about what is Islam and what to do about Islam

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S13665
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 44 lembar : 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S13665 14-20-867352463 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20160457
Cover