UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Penggunaan jargon studi kasus percakapan dalam blog internet lokal asrama mahasiswa Moskow State University, Rusia

Gisella Alisya; Njaju Jenny Malik, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Skripsi ini membahas mengenai pemakaian jargon yang didapatkan dari blog internet lokal melalui studi kasus mahasiswa yang tinggal di asrama Moskow State University. Penelitian ini hanya dilakukan pada bahasa jargon anak muda, karena jargon ini yang paling produktif dan berkembang sangat cepat. Responden mayoritas berasal dari kalangan mahasiswa.
Analisis skripsi ini menggunakan metode kuantitatif dengan pemaparan deskriptif menggunakan teori jargon dari Gracev yang membahas penyebab munculnya jargon. Alat yang digunakan sebagai validasi data adalah kuesioner sebanyak 30 responden yang berasal dari asrama mahasiswa Moskow State University, Rusia dan berumur sekitar 18-25 tahun.
Tujuan dari penelitian ini adalah. menganalisis perbandingan makna kata jargon yang ada dikamus umum bahasa Rusia dan kamus jargon serta menjelaskan penyebab digunakannya jargon oleh mahasiswa dalam berkomunikasi dan pemakaiannya dalam struktur kalimat.

This final assignment is about the use of jargons which are acquired from local internet blogs of the students in Moscow State University dormitory. This research is done only to jargons that spread among young adults since these jargons are the most productive one. Majority of the respondents are students.
This final assignment analysis is done using quantitative method with descriptive technique with the frame is the jargon theory from Gracev according to the reason of the jargon usage. Researcher spread questionnaires to 30 respondents aged 18 to 25 years in Moscow State University dormitory to validate the data.
The purpose of this research is to analyze the comparison o f semantic meaning of jargon in the general Russian dictionary and in the Russian Jargon dictionary, the reason of the jargon usage, and the analysis of the jargon usage in sentences using the sentence structure.

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S14872
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 146 lembar ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S14872 14-20-285166762 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20160532
Cover