Skripsi ini membahas mengenai penerapan gaya kepemimpinan situasional oleh kepala perpustakaan universitas X. Perpustakaan sebagai lembaga pendidikan dan lembaga penyedia informasi akan memiliki kinerja yang baik apabila didukung dengan manajemen yang memadai, sehingga seluruh aktivitas lembaga akan mengarah para upaya pencapaian tujuan yang telah dicanangkan. Kepemimpinan dalam suatu lembaga akan menentukan bagaimana struktur, sistem dan budaya dipelihara dan diperkembangkan sehingga terjadi _gerak_ bersama untuk mencapai misi lembaga tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dengan metode studi kasus akan didapat data yang bersifat proses kerja dan deskripsi yang luas dan mendalam. Penelitian ini menyarankan untuk meningkatkan komunikasi intensif pada komunikasi vertikal.
This thesis discusses the application of situational leadership style by the head of the university library X. Libraries as educational institutions and information providers will have good performance if supported by adequate management, so that all activities of the institute will lead efforts to achieve the objectives that have been implemented. Leadership in an institution will determine how the structures, systems and culture are maintained and developed so that there motion to achieve the mission of these institutions. This research is a qualitative research. With case study methods to obtain data that are the work process and a broad description in depth. This research suggests to improve communication intensive vertical communication.