UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Perilaku pencarian informasi anak dalam pemilihan buku : studi kasus di kantor perpustakaan Umum dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Timur

Febi Sugiarti; Fuad Gani, supervisor; Siti Sumarningsih, supervisor; Laksmi, examiner; Sri Ulumi Badrawati, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Perpustakaan umum berperan sebagai sarana informasi bagi anak disamping perpustakaan sekolah. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi cara dan perilaku anak mencari buku yang akan dipilih untuk digunakan atau dipinjam dari Layanan Anak Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Timur, dengan menggunakan model Information Seeking Strategies (ISSs) Belkin. Penelitian ini juga mengidentifikasi unsur yang diperhatikan anak dalam memilih buku, dan hambatan yang dihadapi anak ketika mencari buku. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan perilaku pencarian informasi yang dilakukan informan anak dibentuk oleh pengetahuan dan pengalaman anak dalam mencari buku sebelumnya. Hambatan yang dihadapi yaitu susunan buku yang berantakan dan kurangnya pengetahuan anak mengenai lokasi dan susunan buku sehingga perpustakaan yang bersangkutan perlu menyusun dan merapikan buku dengan baik serta memberikan penandaan yang lengkap dan jelas pada rak buku.

The public library plays important role for children to find information beside the school library. The purpose of this study is to identify children_s information seeking behavior and strategies in selecting books that they want to read or borrow it from the children corner at Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Timur, by using Information Seeking Strategies (ISSs) Belkin model approach. This study also identifies the problems and important aspects of children in selecting books. This is a qualitative research with case study method. Data was collected by observation and depth interview method. The research shows that children_s information seeking behavior is supported by their knowledge and experience in previous time. The problems are bad shelf arrangement of the books and the lack of knowledge about books arrangement in the library, therefore the library staff at this children corner need to arrange the library collection as well and give special label on their shelf to facilitate children.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S15350
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Deskripsi Fisik : xiv, 61 pages ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15350 14-17-943519734 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20160827
Cover