ABSTRAKSkripsi ini membahas mengenai transformasi fungsi vin yang terjadi dalam kehidupan masyarakat Prancis. Konsumsi vin nasional Prancis mengalami penurunan yang signifikan pada 1960-1990. Faktor utama penyebab terjadinya penurunan tersebut adalah menurunnya angka konsumen reguler vin yang mengkonsumsi vin de table. Sedangkan angka konsumen occasionnel vin yang mengkonsumsi vin de qualit_ terus meningkat. Penelitian ini kemudian mencari faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya fenomena tersebut yang ternyata juga menyebabkan terjadinya transformasi fungsi vin dalam kehidupan masyarakat Prancis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, vin tidak lagi hanya sekedar _minuman_ tetapi mengalami perluasan makna menjadi lambang kebersamaan, lambang kemewahan, lambang keberhasilan dan lambang kemenangan.
AbstractThis thesis discusses about the transformation of the function of wine in the life of French Society. French national wine consumption decreased significantly in 1960-1990. Major causal factor for such decline is the decrease in the number of regular customers of wine who consume _table wine_, while the number of consumers occasional of wine who consume _fine wine_ continue to rise. This research is then to find the factors underlying the occurrence of these phenomena which apparently also resulted in the transformation of the function of wine in the life of French society. The results showed that, wine is no longer just _a drink_, but has expanded the meaning of a symbol of togetherness, a symbol of luxury, a symbol of success and a symbol of victory.