ABSTRAKPenelitian ini dilakukan untuk menganalis tentang penyampaian informasi pada Ruang Koleksi Prasasti Museum Nasional dengan sikap pengunjung.Subek penelitian ini adalah pengunjung yang datang ke Museum Nasional.Penelitian dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner disusun dengan skala Likert dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kesenjangan antara sikappengunjung museum terhadap penyampaian informasi koleksi prasasti di Museum Nasional. Untuk memasarkan informasi mengenai museum, khususnya koleksi prasasti salah satu caranya dengan memasyarakatkan museum melalui promosi dan penyampaian informasi yang tepat. Promosi ini juga mengenai kegiatan yang sedang belangsung berkaitan dengan koleksi prasasti dalam memberikan pemberlajaran.
AbstractThis study aimed to analyze the delivery of information inscription on the National Museum of Archaeology Collections Room using the attitude of visitors. The subject of this research was the visitors who came to the National Museum. Research conducted by distributing questionnaires arranged with the Likert scale with the sampling technique using accidental sampling. The results showed that there were gaps between the attitude of museum visitors toward information delivery inscription at the National Museum collection. To information marketing about the museum, especially collection of inscriptions one of the ways is by popularizing museum through the promotions and dissemination of appropriate information. This promotion is also about ongoing activities related to the collection of inscriptions in giving lessons.