UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Penggunaan kertas washi sebagai alat restorasi naskah kuno

Ibnu Lukman Wibowo; Tamara Adriani Susetyo-Salim, supervisor; Anon Mirmani, examiner; Muhamad Prabu Wibowo, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Skripsi ini membahas penggunaan kertas Washi sebagai alat restorasi naskah kuno sejak 2004 di Arsip Nasional Republik Indonesia, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, dan Perpustakaan Fakultas Ilmu Pcngetahuan Budaya Universitas Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Penelitian ini mengamati kertas washi yang digunakan sebagai alat restorasi naskah kuno dan kertas washi yang masih disimpan untuk restorasi di Ruang Naskah FIB UI.
Hasil dari penelitian ini adalah gambaran mengenai alasan penggunaan kertas Washi yang kuat dan transparan sehingga cocok dijadikan alat restorasi naskah kuno selama ini. Penelitian ini menyarankan agar lembaga yang bergerak dalam bidang restorasi yang telah menggunakan kertas Washi untuk tetap mempertimbangkan penggunaan kertas washi karena masih diimpor dan mahal harganya serta masih perlu dihuktikan ketahanannya di iklim tropis untuk jangka waktu yang lama terlebih keadaan lingkungan yang kurang dikontrol di Indonesia.

This thesis discusses the use of Washi paper as a means of restoring the ancient manuscripts since 2004 in National Archive Republic of Indonesia, the National Library Republic of Indonesia, and Manuscripts Room Library of the Faculty of Humanities, Univesity of Indonesia. This study is a descriptive qualitative research.
Result from this study shows a description of reasons concerning the use of Washi paper which is strong and transparent that is oppropriate for restoration. This study suggest that institutions engaged in restoration for manuscripts using Washi paper, should still consid because the benefits of ancient manuscripts used as a tool, usage and advantages of the paper as a means of restoringthe ancient manuscripts.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S15107
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 80 pages : 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15107 14-17-532609602 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20160966
Cover