UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Bentuk hias tembikar situs Gua Harimau, Sumatera Selatan

Virta Permata Sari; R. Cecep Eka Permana, 1965-, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Skripsi ini membahas bentuk-bentuk hiasan tembikar dari Situs Gua Harimau, Sumatera Selatan. Sampel yang digunakan berjumlah 401 pecahan yang merupakan hasil penggalian pada tahun 2009. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah klasifikasi berdasarkan atribut bentuk hias dan teknik hias. Pengolahan data tersebut menghasilkan empat tipe bentuk hias yaitu garis, segi empat, chevron dan lingkaran, dengan enam variasi dan enam sub-variasi. Teknik hias yang digunakan adalah teknik gores, tekan dan tempel. Perbedaan teknik yang digunakan dapat menghasilkan penggambaran yang berbeda pada bentuk dasar yang sama

This undergraduate thesis discussed forms of decoration (motifs) on pottery sherds found in Gua Harimau, South Sumatera. Samples used in this research consisted of 401 fragments from the excavation conducted in 2009. Methods of classification based on decoration forms (motifs) and techniques attributes were used in this research resulting four types of decoration forms (motifs), which are lines, square, chevron, and circular, with six variations and six sub-variations of decoration forms (motifs). Furthermore, techniques used on these samples can be categorized as incised, impressed, and appliqu (applied). The difference on the techniques found within the samples can be used to acquire different depiction on the similar basic form.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S12045
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 112 lembar : ill. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S12045 14-20-987797892 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20161087
Cover