UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh pemberian ekstrak kembang Hibiscus rosa-sinensis L. terhadap populasi spermatozoa A dan spermatosit primer pakhiten Mus muculus L. strain AJ

M. Iqbal BIn Widjisaksono; Oentoeng Soeradi, supervisor; RT.ST. Rafi`ah, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1987)

 Abstrak

ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian mengenai pengaruh pemberian ekstrak kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.) secara oral terhadap populasi sel-sel spermatogonia A dan spermatosit primer Pakhiten mencit (Mus musculus L.) strain AJ. Dalam penelitian ini digunakan tiga kelompok mencit, kelompok kelola tanpa perlakuan (K); kelompok kelola yang dicekok dengan pelarut (minyak goreng) sebanyak 0,2 ml/ekor/hari selama 35 hari (M); dan kelompok kelola yang dicekok dengan akstrak kembang sepatu dengan dosis 711 mg/kg berat badan/0,2 ml/hari selama 35 hari (E). Sehari setelah pencekokan berakhir semua kelompok mencit ditimbang, kemudian dibius dengan eter sampai mati.
Perhitungan dengan anava satu arah terhadap pola acak lengkap berblok pada p = 0,01 menunjukkan bahwa pemberian ekstrak kembang sepatu secara oral mengakibatkan adanya penurunan yang sangat berarti terhadap populasi spermatogonia A dan spermatosit primer P. Selain itu, terlihat juga adanya penurunan yang sangat berarti terhadap berat badan mencit. Untuk berat testis dan diameter tubulus seminiferus tidak terlihat adanya hal tersebut di atas. Diduga ekstrak kembang sepatu menghambat proses spermatogenesis malalui poros hipotalamus - hipofisis anterior - testis.

 File Digital: 1

Shelf
 S-M. Iqbal BIn Widjisaksono.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1987
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 115 pages : illustration ; 29 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-18-720182552 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20175624
Cover