UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pemeriksaan daya antibakteri secara invitro minyak picung (panglium reinw) terhadap bakteri staphylococcus pseudomanas aeruginosa dan escherichia coli

Ni Wayan Asri Idraningsih; Effionora Anwar, supervisor; Atiek Soemiati, supervisor; R. Sardjito, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1994)

 Abstrak

Penelitian mengenai aktivitas antibakteri ekstrak minyak picung (Pangium edule Reinw.) terhadap bakteri Staphylococcus aureus, Staphylococcus epidermidis, Pseudomonas aeruginosa dan Escherichia coli telah dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi, Jurusan Farmasi, FMIPA-UI, Depok. Dimana Staphylocccus aureus dan Staphylococcus epidermidis sebagai suatu bakteri uji mewakili bakteri positif - Gram, sedangkan Pseudomonas aeruginosa dan Escherichia coli mewakil bakteri negatif - Gram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efek antibakteri dari minyak Pangium edule Reinw. terhadap bakteri Staphylococcus aureus, Staphylococcus epidermidis, Pseudomonas aeruginosa dan Escherichia coli dengan menentukan zona hambatan pertwnbuhan bakteri secara cakram dan kadar hambat minimal secara pengenceran tabung. Dari hasil penelitian diperoleh bakteri Staphylococcus aureus, Staphylococcus epidermidis, Pseudomonas aeruginosa dan Escherichia coli memberikan kadar hambat minimum sebagai berikut : 7,8125 mglml, 15,625 mg/ml, 15,625 mg/ml dan 31,25 mg/ml. Berdasarkan zona hambatan yang diperoleh, efek antibakteri tertinggi diberikan terhadap bakteri Staphylococcus epidermidis, kemudian disusul Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

 File Digital: 1

Shelf
 S31905-Ni Wayan Asri Indraningsih.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S31905
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1994
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : ix, 61 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S31905 14-22-20899494 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20176050
Cover