UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh pharmasorb dan talk terhadap sifat fisik tablet gemfibrozil tablet for concentrating pharmasorb of 10%, in fact, to be resulted tablet that has desintegration rate and dissolve faster than concentrating pharmasorb of 5%.

Dewi Helin Permanasari; Yohanes Setiawan, supervisor; Husni Junus, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1996)

 Abstrak

Zat aktif dengan titik leleh rendah akan mengalami kesulitan dalam pencetakan, karena panas yang dihasilkan dari kompresi meyebabkan zat leleh dan lengket pada punch. Seperti halnya pada tablet gemfibrozil yang mempunyai titik leleh 58-61° C. Telah dilakukan percobaan pembuatan tablet gemfibrozil dengan menggunakan pharmasorb 5% dan 10% serta talk 1% dan 6%, selain bahan pembantu lainnya. Temyata diperoleh tablet yang sudah tidak lengket. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara tablet dengan konsentrasi pharmasorb 10%, talk 6%; pharmasorb 10%, talk 1%; pharmasorb 5%, talk 6% dan pharmasorb 5%, talk 1%. Pemeriksaan sudut istirahat dan kecepatan alir setelah dilakukan uji kesamaan dua rata-rata dua pihak dengan student test a = 0,05 temyata perbedaaimya tidak berarti, sedangkan untuk pemeriksaan bobot jenis perbedaaimya berarti. Hal inilah yang menyebabkan tegadinya pemisahan atas segregasi dari granul waktu pencetakan, sehingga bobotnya bertambah pada formula n dan IV, konsentrasi talk 1%. Pengaruh pharmasorb dan talk terhadap pemeriksaan sifat fisik tablet memberikan hasil yang berbeda pada tiap konsentrasi yang digunakan. Pada keseragaman bobot penggunaan talk 1% atau 6% dan pharmasorb 5% atau 10% menghasilkan tablet yang memenuhi syarat keseragaman bobot. Tapi pada menit kedelapan waktu pencetakan, bobot tablet bertambah untuk tablet dengan konsentrasi talk 1%, pharmasorb 10%, dengan persen penyimpangannya 5,53%. Waktu hancur dan disolusi tablet dengan konsentrasi pharmasorb 10% lebih cepat hancur dan larut dibanding tablet dengan konsentrasi pharmasorb 5%.

The experiment had been done experimental tablet producing of gemfibrozil with using pharmasorb 5% and 10% also talk 1% and 6%, and others excipients. In fact to be obtained tablet that has not been sticking, but can not differentiated of its stickness. To examine time ready forming to the four formulas in fact to be obtained angle of pause and free flow rate with not in significant different with student t test a=0,05, while for examine density with sigmficant different. This is the cause that occuring the division or segregation of granules in time or forming, so its weight increase in the basis of 11 and IV formula, talk concentration 1%. The influence of pharmasorb and talk toward physical properties of tablet that gives different matter in every concentration to be used, fri the homogenity weight to be used talk 1% or 6% and pharmasorb 5% or 10% to be resulted tablet that has sufficient homogenity. Mean while at the eight minute time forming, the weight of the tablet increases and for tablet that has talk concentration of 1%, pharmasorb of 10% with standart deviation 5,53%. Desmtegration rate of time and dissolution rate of

 File Digital: 1

Shelf
 S-Dewi Helin Permanasari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1996
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 51 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-88768863 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20176130
Cover