UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis interaksi obat dan kerasionalan pengunaan tuberkulostatik dari segi dosis pada resep tuberkulostatik di appotik X Jakarta Timur Met - Juli 2006

Mimi Turiana; (Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Antibiotika adalah bahan obat yang memegang peranan sangat penting dalam penanggulangan penyakit infeksi di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari tingginya angka kematian akibat penyakit yang disebabkan oleh terjadinya infeksi. Tetapi antibiotik adalah pedang bermata ganda yang bila tidak dipergunakan secara bijak dapat menyebabkan resistensi bakteri dan Super Infeksi.
Oleh karena itu perlu dilakukan analisa guna didapatkan gambaran lengkap dari pola penggunaan antibiotika, sehingga nantinya dapat dilakukan perbaikan dan penyesuaian guna perbaikan dalam pola penggunaan antibiotika.
Penelitian ini bertujuan guna mendapatkan gambaran dari pola penggunaan antibiotika di Ruang Dahlia RS Sulianti Saroso. Dimana sejak April 2005 hingga Maret 2006 merawat 1179 Pasien dan sebanyak 798 (68%) pasien memperoleh terapi dengan menggunakan Sefotaksim. Jadi perlu diamati apakah penggunaan antibiotika pada lingkungan RS tersebut sudah bijak (rasional) dimana sesuai dengan Azas 4T1W.

Antibiotics is the most importan drug in handling infectious desease in Indonasia. It can be observed in the death level of infectious desease. But antibiotics is a double edge sword, if not used wisely it can create Bacterial resistence and Super Infection.
There for an analysis is required to obtain a complete view of the antibiotics used patern. In which can be used for adjusment and improvement in the antibiotics usage pattern.
This research is conducted to obtain a complete view of the usage pattern in the Dahlia Room Sulianti Saroso Hospital. In which since April 2006 until March 2006 has treated 1179 Patient and 798 (68%) of them been treated with Cefotaxim. There for it is important to observe has the use of antibiotics in the hospital is used wisely (Rationally).

 File Digital: 1

Shelf
 S32477-Mimi Turiana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S32477
Entri utama-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 108 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S32477 14-21-045734244 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20176563
Cover