UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penetapan beberapa Parameter Spesifik dan Non Spesifik Ekstrak Etanol Biji Kelabet (Trigonella foenum - graecum L.)

Ritonga, Desima; Endang Hanani, supervisor; Abdul Mun`im, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Kelabet (Trigonella foenum - graecum L) adalah tanaman yang tergolong dalam suku Fabaceae. Penggunaannya dalam pengobatan yakni dapat menurunkan kadar gula darah dan kadar lemak. Untuk meningkatkan kualitas obat tradisional tanaman obat dan ekstrak herbal harus distandardisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan beberapa parameter spesifik dan non spesifik ekstrak etanol biji kelabet.
Hasil yang diperoleh dari tiga lokasi yang berbeda (Solo, Semarang dan Yogyakarta) menunjukkan bahwa rendemen tidak kurang dari 27,40%, kadar senyawa larut dalam air tidak kurang dari 10,95%, kadar senyawa larut dalam etanol tidak kurang dari 2,98%, kadar air tidak lebih dari 17,43%, kadar abu total tidak lebih dari 3,04%, kadar abu tidak larut asam tidak lebih dari 1,38%, sisa pelarut tidak lebih dari 0,2% dan kadar trigonellin tidak kurang dari 2,7%. Pemisahan secara kromatografi lapis tipis dengan menggunakan fase gerak aquadest - metanol (30:70).
Pengamatan pada sinar tampak dan sinar UV 254nm memperlihatkan 2 bercak berfluoresensi ungu dan kuning pada (Rf 0,37 dan 0,75) dan standard trigonellin berfluoresensi ungu dengan Rf (0,4). Setelah disemprot dengan pereaksi Dragendorff berwarna jingga (Rf 0,37) dan bercak standar berwarna jingga (Rf 0,4).

Kelabet ( Trigonella foenum - graecum L) is one member of Fabaceae family. It has been used to reduce blood sugar and lowering blood lipid. To increase the quality of traditional medicine, the plants materials and the herbal extracts should be standardized. The objective of this research was to determine specific and non specific parameter of ethanolic extract of Foenugraeci semen.
The result from three location (Solo, Semarang and Yogyakarta) which has been determined had rendement value not less than 27.40%, water soluble extract not less than 10.95% and ethanol soluble extract not less than 2.98%, water content not more than 17.43%, total ash content not more than 3.04%, acid soluble ash content not more than 1.38%, solvent residu not more than 0.2% and trigonellin compound not less than 2.7%. The separation using thin layer chromatography (TLC) with mobile phase of aquadest - methanol (30:70).
Observation under visible light and UV 254 nm shown two spots of violet and orange (Rf 0.37 and 0.75), while the trigonellin standard had violet fluorescence (Rf 0.4) in that condition. After sprayed with dragendorff, it change to orange-yellow (Rf 0,37)and the standard (Rf 0.4) with orange ? yellow.

 File Digital: 1

Shelf
 S32853-Desima Ritonga.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S32853
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 45 hlm. ; ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S32853 14-19-678790634 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20176631
Cover