UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pola penggunaan antibiotika pada pasien rawat inap di RSUD Budhi Asih Periode Januari - Juni 2005

Anita Anuariyanti; Nana Khasanah, supervisor; Juheini Amin, supervisor (Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Antibiotika merupakan satu diantara obat yang umum digunakan oleh pasien rawat inap di RSUD Budhi Asih Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola penggunaan antibiotika pada pasien rawat inap dan adanya penggunaan antibiotika yang tidak rasional dari segi indikasi, dosis dan lama pemakaian. Penelitian dilakukan dengan metode survei yang bersifat deskriptif retrospektif. Data dikumpulkan dari Medical Record (Rekam Medis) pasien yang dirawat pada bulan Januari-Juni 2005.
Hasil penelitian menunjukkan jenis antibiotika yang banyak digunakan adalah antibiotika golongan penisilin (51,33%) antara lain ampisilin dan amoksisilin, dan antibiotika golongan sefalosporin (38%) antara lain sefadroksil, sefazolin, sefoperazon, sefotaksim, seftriakson dan sefiksim. Pengobatan pada pasien DHF yang banyak digunakan adalah antibiotika golongan penisilin, sejumlah 33 orang pasien (22%) antara lain, ampisilin dan amoksisilin. Pengobatan pada infeksi saluran gastrointestinal menggunakan antibiotika golongan sefalosporin (20%) antara lain, sefadroksil, sefazolin, sefoperazon, sefotaksim, seftriakson dan sefiksim. Antibiotika golongan penisilin paling banyak digunakan pada kelas tiga (33,99%) antara lain, ampisilin dan amoksisilin. Penggunaan antibiotika yang rasional adalah dari segi indikasi dan lama pemakaian, masing-masing sejumlah 150 orang pasien (100%), sedangkan penggunaan antibiotika yang tidak rasional adalah dari segi dosis, sejumlah 35 orang pasien (23,34%) yang paling banyak terjadi pada kelompok umur 0-14 tahun dari 150 orang pasien.
Antibiotic is a common drug used in patient at RSUD Budhi Asih Jakarta. The objective of this study is to know a pattern of antibiotic use in patient and the irrational using of antibiotics which was based on choosing its indication, dosage and duration. The study was conducted with descriptive retrospective method. The data were collected from Medical Record of patients during January until June 2005.
The results of this study indicated that the most frequently antibiotics used by patients were penisilin (51,33%) such as, ampicillin and amoxicillin and cephalosporin (38%) such as, cefadroxil, cefazolin, cefoperazon, cefotaxime, ceftriaxone dan cefixime . The most frequently antibiotics used by patients DHF was penisilin (22%) included ampicillin and amoxicillin. The medicinal therapy for gastrointestinal tract infectious disease used cephalosporin (20%) were cefadroxil, cefazolin, cefoperazon, cefotaxime, ceftriaxone dan cefixime. Penisilin was the most frequently antibiotics used by patients in class three (33,99%) included ampicillin and amoxicillin. The rational using of antibiotics came from the indication and duration each other were one hundred fifty patients (100%), and the irrational using of antibiotics came from the dosage of antibiotics which was happened to age groups zero until fourteen years old (23,34%) from one hundred fifty patients.

 File Digital: 1

Shelf
 S32861-Anita Anuariyanti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S32861
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 58 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S32861 14-21-350512257 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20176773
Cover