UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Rantai pemasaran produk perikanan air tawar ke provinsi DKI Jakarta

Nurrokhmah Rizqihandari; Triarko Nurlambang, supervisor; Hafid Setiadi, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Ikan air tawar konsumsi di DKI Jakarta diperoleh dari lokasi produksi di luar DKI Jakarta. Jauhnya jarak dari lokasi produksi dan sifat ikan mas dan ikan nila yang mudah rusak, memiliki rantai penanganan khusus untuk menjaga mutu ikan saat diterima oleh konsumen. Rantai pemasaran ini mencakup cara perlakuan khusus setiap pelaku pemasaran, sistem transportasi khusus, serta lokasi transaksi yang efektif.
Penelitian ini membahas pergerakan komoditas ikan air tawar dengan pendekatan rantai pemasaran dan memperhatikan nilai perlakuan yang terjadi pada setiap simpul, serta memperhitungkan harga jual, biaya pemasaran, dan keuntungan yang terbentuk pada setiap simpul.
Pergerakan produk perikanan air tawar dari tiga wilayah produksi ke DKI Jakarta membentuk empat jenis rantai pemasaran. Rantai terpanjang terbentuk dari petani di lokasi produksi - pedagang pengumpul di pasar ikan/terminal ikan - pedagang grosir di pasar grosir - pedagang eceran di pasar eceran - konsumen, yang terbentuk di ketiga jalur pemasaran dari tiga lokasi produksi ke DKI Jakarta. Sedangkan rantai terpendek hanya terbentuk dari petani di Kecamatan Cisaat - pedagang eceran di pasar eceran DKI Jakarta.
Biaya pemasaran dibentuk oleh biaya produksi, biaya penanganan dan biaya transportasi. Perbedaan wilayah produksi mempengaruhi komponen dan biaya produksi, perbedaan lokasi simpul pemasaran mempengaruhi biaya penanganan yang dikeluarkan oleh pelaku pemasaran, serta perbedaan jalur transportasi mempengaruhi biaya transportasi. Semakin panjang rantai pemasaran yang terbentuk maka keuntungan yang diperoleh setiap simpul akan semakin kecil, tetapi tidak mempengaruhi harga jual pada pasar eceran di DKI Jakarta.

 File Digital: 1

Shelf
 S34038-Nurrokhmah Rizqihandari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S34038
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 105 hlm. : ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S34038 14-22-93169076 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20178387
Cover