Kota merupakan tempat bermukim warga kota, tempat bekerja, tempat
hidup dan sebagal tempat berekreasi. Oleh karena itu kelangsungan dan
kelestarian kofa harus didukung oleh prasarana clan sarana yang memadai
untuk waktu yang selama mungkin.
Dalam hubungan dntar kota dengan daerah hinterlandnya jelas kelihatan
adanya hubungan yang sating membutuhkan. Dengan demikian dapat
terjadi interaksi antara kota dengan daerah sekitarnya ternyata
mengakibatkan adanya pengaruh anfara kota tersebut terhadap daerah
sekitarnya. Pengaruh kota tersebut berbeda-beda untuk daerah yang ada
disekitarnya. Pengaruh tersebuf mempunyai jangkauan clan fungsi tertentu
misalnya : pengaruh mengenal angkutqn umum yang beredar dari suatu kota
ke daerah sekitarnya, pengaruh mengenai anak-anak yang bersekolah ke
suatu kota clan sebagainya.
Wilayah penelitian adalah Kota Metro yang termasuk dalam Kecamatan
Metro Raya clan seluruh kecamatan-kecamatan di Kabupafen Lampung
Tengah. Yang menjadi masalah dalam penelitian ml adalah:
1. Bagaimana wilayah pengaruh Kota Metro terhadap daerah sekitarnya?
2. Apakah ada kesesualan antara wilayah pengaruh Kota Metro dan
masing-masing varia bet terhadap teori gravitasi?
Dalam penelitian mi wilciyah pengaruh Kota Metro terhadap daerah sekitarnya
dibatasi pada varia bet angkutan umum, asal siswa SLTA dan pasien rawat map.
Adapun satuan analisis yang digunakan adalah kecamatan. Untuk menjawab
kedua permasalahan di atas, metode yang digunakan adalah tingkat,
kemudahan pencapaian tempat tujuan dengan menggunakan peta jaringan
jalan danjumlah angkutan urnum kemudian dibandingkan dengan perhitungan
secara teoritis dengan model gravitasi.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah wilayah pengaruh Kota Metro terhadap
angkutan umum, asal siswa SLTA clan pasien rawat map meliputi seluruh
kecamatan yang ada di Kabupafen Lampung Tengah kecuali Kecamafan
Kalirejo dalam pasien rawat map. Wilayah pengaruh Kota Metro terhadap
kecamatan-kecamatan di Kabupaten Lampung Tengah dalam angkutan
umum, asal .siswa SLTA clan pasien rawat map ada kesesuaian dengan
menggunakan perhitungan model gravifasi dimana pada daerah yang dekat
dengan Kota Metro jumlah angkutan umum, asal siswa SLTA dan pasien rawat
map jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan daerah yang lebih jauh
dengan Kota Metro kecuali Kecamatan Metro Kibang.