UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Tingkat hambatan lalu lintas beberapa perlintasan di inti Kota pada rel Jakarta Kota-Bekasi

Anindhita Dyah Kusumawardani; Sugeng Rahardjo, supervisor; Tjiong, Giok Pin, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Perlintasan adalah perpotongan antara jalan raya dengan jalan rel. Adanya penutupan palang menyebabkan antrian dan tundaan di perlintasan. Antrian akan menghambat pergerakan bagi kendaraan yang baru datang setelah palang terbuka, guna melintasi perlintasan. Masalah utama yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat hambatan arus lalu lintas beberapa perlintasan di inti kota Jalur rel Jakarta Kota-Bekasi pada hari-hari kerja dan faktor-faktor apa sajakah yang lebih mempengaruhi panjangnya antrian sebagai variabel pembentuk hambatan. Hari-hari kerja yang dimaksud adalah dari senin sampai jumat pada waktu-waktu berangkat kerja pagi yakni dari pukul 06.30-09.30 WIB.
Jalur jalan yang diteliti 420 meter sebelum perlintasan dengan arah menuju pusat kota Jakarta. Panjang antrian menjadi variabel terikat dalam penelitian ini sedangkan jumlah lajur, volume arus lalu lintas, frekuensi kereta dan lama penutupan palang sebagai variabel bebasnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menganalisa hasil secara kuantitatif dan keruangan.
Hasil menunjukkan bahwa, tingkat hambatan arus lalu lintas yang disebabkan oleh panjang antrian di beberapa perlintasan inti kota pada hari-hari kerja didominasi oleh kelas rendah, kecuali pada perlintasan Angkasa Raya yang tergolong kelas tinggi. Semakin panjang antrian maka tingkat hambatannya akan semakin tinggi. Faktor yang lebih mempengaruhi panjangnya antrian, berturutturut mulai dari yang paling berpengaruh adalah volume arus lalu lintas, frekuensi kereta, lama penutupan palang dan jumlah lajur.

 File Digital: 1

Shelf
 S34016-Anindhita Dyah Kusumawardani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S34016
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 74 hlm. : ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S34016 14-22-31363099 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20178989
Cover