UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Wilayah rawan penyakit filariasis di Kabupaten Lebak Provinsi Banten

Marwan Surachman Putra; Dewi Susilowati, supervisor; Tuty Handayani, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Filariasis (Penyakit Kaki Gajah) adalah penyakit menular berasal dari cacing Filaria dan ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk, bersifat menahun (kronis) ,dan apabila tidak mendapatkan pengobatan dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin. Kabupaten Lebak ditemukan 3 daerah endemis yaitu Kecamatan Warunggunung, Maja dan Cipanas dengan penderita klinis maupun laboratoris. Masalah dalam penelitian ialah berapa luas wilayah rawan Filariasis dan bagaimana karakteristik wilayah rawan maupun kasus klinis Filariasis yaitu dengan metode analisis spasial dan deskriptif.
Penelitian ini memberikan kesimpulan luas wilayah rawan Filariasis terbesar terdapat di Desa Maja dan terendah di Desa Selaraja. Karakteristik daerah kasus Filariasis di Kabupaten Lebak banyak terdapat di Ketinggian < 500 m dpl, curah hujan tahunan 2500 - 3000 mm/tahun dan kepadatan penduduk 500 - 1000 jiwa/km2, begitu juga dengan wilayah rawan Filariasis sama karakteristiknya dengan daerah kasus Filariasis. Tetapi di wilayah rawan Filariasis ada yang masuk kategori kepadatan penduduknya > 1000 jiwa/km2, ini menunjukan akan semakin cepatnya penularan Filariasis di desa tersebut.

 File Digital: 1

Shelf
 009-07-Wilayah rawan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S33944
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 63 hlm. : ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S33944 14-22-23627893 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20179014
Cover