UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Studi awal degradasi senyawa fosfat secara fotokatalisis TiO2/UV untuk analisis organik fosfat terlarut

Muhammad Syakir; Asep Saefumillah, supervisor; Sihombing, Riwandi, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Eutrofikasi merupakan masalan Iingkungan nidup yang diakibatkan olen pengayaan nutrien, knususnya fosfat dalam ekosistem air tawar. Penentuan fosfat telan banyak dilakukan untuk menganaiisis Iingkungan yang mengandung senyawa fosfat. Analisis fosfat dibagi dalam dua tanap. Tanap pertama adalan mengkonversi senyawa fosfat menjadi ortofosfat. Tanap kedua adalan penentuan secara kolorimetri ortofosfat tersebut.
Teknik mengkonversi fosfat pada penelitian ini menggunakan teknik fotokatalitik TiO2/UV. Dengan teknik ini dinarapkan dapat mengkonversi senyawa organik fosfat menjadi ortofosfat, sementara senyawa fosfat terkondensasi tidak terkonversi menjadi ortofosfat. Phytic Acid (PA) sebagai senyawa organik fosfat dapat terkonversi secara optimum pada kondisi waktu fotokatalitik selama 180 menit dan jumlan lapisan TiO2 yang diimmobilisasi pada dinding tabung reaksi sebanyak 3 kali. Sodium tripo/yphosphate (STPP) sebagai senyawa fosfat terkondensasi tidak dapat terkonversi menjadi ortofosfat, dapat diiinat kadar P dalam ortofosfat nasii fotokataiitik kecii.
Berdasarkan percobaan menggunakan campuran senyawa model fosfat juga dapat disimpulkan banwa pertambanan konsentrasi ortofosfat nanya berasal dari fotokataiitik PA. Percobaan ternadap sampei Iingkungan menggunakan teknik fotokataiitik TiO2/UV ini menunjukkan banwa pertambanan konsentrasi berasal dari senyawa organik fosfat, yang berarti merupakan jumlan organik fosfat terlarut (Dissolved Organic Phosphorus, DOP).
DOP untuk sampei air danau di dekat Pusgiwa UI (Pusat Kegiatan I\/Iahasiswa UI) sebesar 0,0096 mg P/L; DOP untuk sampel air danau di dekat MUI (I\/Iasjid Ukhuwah Islamiyah) sebesar 0,0247 mg P/L; dan DOP untuk sampel air danau di dekat FIB UI (Fakultas Ilmu Budaya UI) sebesar 0,3020 mg P/L. Teknik ini terbukti dapat digunakan untuk analisis organik fosfat terlarut ketika dibandingkan dengan teknik Iain yaitu teknik destruksi dengan asam. Dengan teknik destruksi memakai asam, STPP dapat terkonversi menjadi ortofosfat, sedangkan dengan teknik fotokatalitik TiO2/UV tidak terjadi.

 File Digital: 1

Shelf
 S30436-Muhammad Syakir.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S30436
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 55 hlm. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S30436 14-22-18155010 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20179858
Cover