UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh penggunaan biorock dan fragmentasi karang terhadap kecepatan pertumbuhan (Growth rate) dan kelangsungan hidup (Survival rate) karang bercabang Acropora sp.

Mamesah, Pingkan Lydia; Neviaty P. Zamani, supervisor; Wisnu Wardhana, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Biorock merupakan teknik transplantasi karang yang menggunakan listrik sebagai pendorong terbentuknya kalsium karbonat (CaCO3.). Biorock diduga dapat mempercepat pertumbuhan karang dan memperkuat kelangsungan hidup karang.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan biorock (membuktikan bahwa biorock dapat mempercepat pertumbuhan karang) dan tipe fragmentasi terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup karang transplan.
Lokasi penelitian adalah di Nusa Keramba Resto Pulau Pramuka, Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNLKS). Penelitian dilakukan dari bulan April hingga Juli 2009. Data penelitian berupa pertambahan panjang, jumlah cabang karang, dan persen kelangsungan hidup karang.
Hasil uji anova menunjukkan bahwa perlakuan biorock memengaruhi pertambahan panjang; perlakuan fragmentasi memengaruhi pertambahan panjang dan cabang; interaksi antar kedua perlakuan memengaruhi pertambahan cabang.
Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa karang biorock memiliki pertumbuhan yang lebih stabil dibandingkan dengan karang non-biorock dan bahwa jumlah fragmentasi yang lebih banyak menghasilkan jumlah cabang yang lebih banyak juga.

 File Digital: 1

Shelf
 S31559-Pingkan Lydia Mamesah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S31559
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 96 hlm. : ill. : 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S31559 14-23-74504874 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20181046
Cover