Kehidupan perkotaan yang dinamis dan meningkatnya aktivitas di luar rumah
menyebabkan terciptanya gaya hidup yang sifatnya instant termasuk dalam hal
menyediakan makanan. Pola ini menciptakan peluang dalam bisnis kuliner yaitu
penyediaan makanan siap santap. Salah satu rumah makan yang cukup unik di
Kota Depok adalah Rumah Makan Tiktok Van Depok (TVD). Rumah makan ini
menghidangkan masakan berbahan baku unggas hasil persilangan itik dan entok.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik lokasi serta konsumen
pada outlet Rumah Makan Tiktok Van Depok yang dijelaskan dengan
menggunakan analisis deskriptif dan pendekatan keruangan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa lokasi outlet yang berdekatan atau bahkan berjejer berada
pada jalur jalan yang sama menimbulkan persaingan antar outlet itu sendiri
sehingga konsumen yang didapatkan/datang tidak maksimal. Jangkauan
pelayanan ideal pada outlet TVD 1 lebih luas karena karakteristik lokasinya yang
berbeda, yakni di wilayah permukiman dan posisinya yang terpisah dari ketiga
outlet yang lain. Karakteristik konsumen tidak berbeda diantara outlet yang ada.
Fasilitas dan lokasi setiap outlet tidak memperlihatkan adanya perbedaan
karakteristik konsumen.