UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Polimerisasi core-shell metil metakrilat-butil akrilat: pengaruh pengikat silang, suhu polimerisasi dan konsentrasi monomer terhadap distribusi ukuran partikel

Destya Enggrit Kusumo; Emil Budianto, supervisor; Helmiyati, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Optimasi polimerisasi emulsi core-shell metil metakrilat-butil akrilat (MMA-BA) telah dilakukan pada penelitian ini, dengan menggunakan konsentrasi monomer yang relatif besar, yakni 30%, 40%, 50% dan 60%. Teknik polimerisasi yang digunakan adalah semikontinu dengan waktu feeding 7 jam (3 jam untuk core dan 4 jam untuk shell) dan konsentrasi surfaktan sodium Iauril sulfat (SLS) sebesar 2,33 CMC. Penambahan inisiator dilakukan secara kontinu, sebanyak 0,387% terhadap berat total. Peningkatan konsentrasi monomer ternyata dapat menurunkan persen konversi dan meningkatkan berat grid.
Hasil optimum didapat dari formula dengan konsentrasi monomer 40% tanpa glisidil metakrilat yang menghasilkan partikel berdiameter 177,7 nm dengan indeks polidispersitas 0,043, persen konversi 98,31% dan berat grid 160,26 gram. Data spektrum IR memperkuat telan terjadinya polimerisasi. Terdapat kecenderungan peningkatan berat grid dan penurunan persen konversi seiring dengan peningkatan glisidil metakrilat yang digunakan Kenaikan berat grid juga sangat dipengaruhi olen suhu polimerisasi yang digunakan.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S30493
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 98 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S30493 14-23-19523820 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20181844
Cover