Alasan Penelitian ingin mengetahui bagaimana cara mempertahankan keberadaannya di pasar media Trubus cetak. Tujuan Penelitian : Untuk melihat bagaimana kegiatan dilakukan oleh majalah Trubus. Metode distribusi yang : Meninjau ke perusahaan untuk melakukan wawancara Penelitian pimpinan dan karyawan perusahaan. Membuat daftar dengan kepada kepada pimpinan perusahaan. Mengumpulkan pertanyaan data-data non lapangan seperti catatan kuliah dan media lainnya. Hasil Penelitian : Pemilihan saluran distribusi adalah masalah penting di dalam penyebaran produk majalah. yang sangat Kesalahan dalam pemilihan saluran distribusi akan memperlambat memacetkan usaha penyaluran majalah. Didalam dan mendistribusikan, Trubus, mengacu pada majalah papan atas seperti Tempo. Memilih agen yang juga merupakan agen majalah tersebut. Peran agen memiliki posisi yang sangat menentukan bagi keberhasilan distribusi majalah. Untuk kelancaran distribusi perlu memotivasi, menjaga hubungan baik, dan mengevaluasi channel membernya. Kesimpulan dan Saran Distribusi yang lebih baik dapat memantapkan posisi market leader. Perusahaan harus mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi. Disarankan dalam memilih calon agennya harus lebih teliti. Harus melihat berbagai faktor seperti pembayarannya dan yang paling penting karakternya. Perusahaan dapat membebani biaya bunga atas tunggakan pembayaran yang ada. Agar masyarakat tetap aware perusahaan juga harus memeperhatikan masalah promosi.