UI - Skripsi Membership :: Back

UI - Skripsi Membership :: Back

Alternatif Strategi Pemasaran Pada Perusahaan pelayaran : Suatu Tinjauan di PT PELNI Dalam Meningkatkan Load Factor Untuk Trayek Tanjung Priok-Irian Jaya

Imam Prakoso; Suroso, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995)

 Abstract

Pembangunan di Indonesia Bagian Timur (IBT) merupakan peluang untuk meningkatkan pangsa pasar bagi setiap merusahaan melayaran. Tujuan dari menelitian ini adalah untuk menentukan posisi mersaingan dan strategi pemasaran Pelni. Strategy memasaran ini harus mampu meningkatkan pangsa pasar pada trayek Tanjung Prik-Irian Jaya. Metode yang dipakai untuk meneliti permasalahan ini ada metode General Electric Mc Kinsey Matrix (GE) dan metode Grand Strategy Selection Matrix (GSSM). Kedua metode ini meneliti kondisi internal dan eksternal Pelni. Bendasarkan hasil penelitian dengan kedua metode tadi akan ditentukan posisi persaingan Pelni untuk trayek ini. Setelah itu akan dibuat strategi memasaran yang cocok Pelni untuk menghadapi persaingan di trayek ini. Berdasarkan analisa internal Pelni memiliki kelemahan dan kekuatan. Kelemahan internal lebih banyak disediakan oleh masih lemahnya fungsi pemasaran, sumber daya manusia, organisasi, produksi dan keuangan. Sedangkan kekuatan Pelni terletak pada fasilitas dan sarana penunjang produksi yang lebih lengkap. Analisa dengan menggunakan metode GE menunjukkan bahwa strategi yang cocok bagi adalah melakukan seleksi atau mengelola bisnis untuk menghasilkan pendapatan. Sedangkan dengan metode GSSM menunjukkan bahwa strategi yang cocok bagi Pelni adalah mengatasi kelemahan dengan penekanan pada sisi internal perusahaan. Berdasarkan analisa tadi disusunlah strategi pemasaran Pelni yang disesuaikan dengan kondisi internal don eksternal perusahaan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Pelni sedang meghadapi persaingan yang ketat sedangkan kondisi internal Pelni nampak belum siap menghadapinya. Dengan demikian Pelni disarankan untuk berorientasi melakukan pembenahan sisi internal tanpa mengesampingkan tugas Pelni sebagai Badan Usaha Milik Negara. Apabila Pelni telah siap maka strategi yang lebih agresif bisa dipertimbangkan.

 Digital Files: 1

Shelf
 S18829-Imam Prakoso.pdf :: Download

LOGIN required

 Metadata

Collection Type : UI - Skripsi Membership
Call Number : S18829
Main entry-Personal name :
Additional entry-Personal name :
Additional entry-Corporate name :
Study Program :
Subject :
Publishing : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
Cataloguing Source LibUI ind rda
Content Type text
Media Type unmediated ; computer
Carrier Type volume ; online resource
Physical Description ix, 86 pages : illustration
Concise Text
Holding Institution Universitas Indonesia
Location Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Availability
  • Review
  • Cover
Call Number Barcode Number Availability
S18829 14-23-68002523 TERSEDIA
Review:
No review available for this collection: 20184534
Cover