UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengembangan usaha dengan menggunakan modal ventura sebagai alternatif pembiayaan : studi kasus pada jasa restoran PT. SOS

Irene Andriani; Jusfik Effendi, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995)

 Abstrak

Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk melihat bagimana modal ventura sebagai alternatif pembiayaan dapat bermanfaat bagi perusahaan menengah kecil, dan bagaimana modal ventura pada kondisi tertentu dapat meningkatkan nilai perusahaan. Selain itu penulis juga ingin memperkenalkan suatu metode untuk menghitung besarnya saham yang menjadi hak perusahaan modal ventura (PMV) untuk sejumlah dana yang diinvestasikannya, dimana hasilnya dapat dijadikan dasar dalam negosiasi. Penulisa melaksanakan penilitian ini dengan menggunakan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan.
Penelitian kepustakaan dilakukan untuk mendapatkan teori yang melatar belakangi penelitian. Sedang penilitian lapangan dilakukan untuk memperoleh data-data informasi melalui wawancara dengan pejabat yang berwenang. Untuk memperoleh dana modal ventura, perusahaan pasangan usaha (PPU) tidak perlu menyediakan agunan. Kondisi ini sangat menguntungkan terutama bagi perusahaan yang tidak mempunyai aset tetap untuk digunakan, seperti misalnya perusahaan jasa atau perusahaan-perusahaan kecil yang permodalannya masih lemah. Modal ventura dapat sangat bermanfaat bagi perusahaan mengengah kecil, karena selain memberikan bantuan modal PMV juga memberikan bantuan manajemen. Bagi PPU yang manajemennya lemah, bantuan manajemen ini dapat sangat membantu bagi perkembangan perusahaan dimana pada akhirnya hal ini juga dapat meningkatkan nilai perusahaan. Sementara itu melalui metode Stanley Golder diketahui bahwa besarnya persentase saham yang menjadi hak PMV atas sejumlah dana yang diinvestasikannya ditentukan oleh beberapa faktor, diantaranya price earning ratio (PER) dan probabilita keberhasilan investasi.
Dari penelitian yang dilakukan terhadap suatu perusahaan jasa restoran yang membutuhkan dana untuk ekspansi dimana manajemennya juga dinilai lemah, dapatlah disimpulkan bahwa modal ventura akan merupakan alternatif sumber pendanaan yang tepat. Karena dengan asumsi PMV akan memberikan bantuan manajemen yang maksimal, diperkirakan kondisi perusahaan tersebut akan jauh lebih baik dibanding jika ia menggunakan hutang jangka panjang. Beberapa analisa sensitifitas yang dilakukan terhadap hasil perhitungan Stanley Golder menunjukkan bahwa untuk memperkecil persentase saham yang akan diminta PMV, calon PPU harus dapat meyakinkan PMV bahwa probabilta keberhasilan investasi adalah besar dan nilai PER perusahaan juga harus besar.

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S18995
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 160 hlm.; 29 cm.+lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S18995 14-22-45112923 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20184673
Cover