UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Persepsi Mahasiswa Simpatisan PDI-P Terhadap PDI-P (Sebuah Penelitian Berdasarkan Kepada Attitude Toward Object Model)

Indra Kurnianto K.; Abdul Muthalib, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Sebagai sebuah partai pemenang PEMILU tahun 1999 dengan peroleh suara mencapai 35 % dari total suara,maka secara otomatis menjadikan PDI-P menjadi partai pemenang PEMILU tahun 1999.Padahal partai PDI-P merupakan salah satu partai baru walaupun dari sejarah diketahui bahwa partai ini merupakan pecahan dari partai PDI semasa orde baru,banyak partai yang merupakan pecahan dari partai lama namun PDI-P adalah salah satu yang berhasil memperoleh suara yang cukup signifikan pada PEMILU tahun 1999. Tak terasa sudah hampir 4 tahun sejak pemilu 1999 hal ini menandakan bahwa masa PEMIT sudah hampir dekat. Setiap partai peserta PEMILU tahun 2004 sudah tentu ingin memperoleh dukungan suara sebanyak-banyaknya,sehingga hampir dapat dipastikan tingkat persaingan pada PEMILU 2004 akan lebih ketat ditambah lagi akan diterapkan sistem pemilihan langsung baik pada calon anggota legeslatif maupun calon presiden.Dengan diterapkan pola PEMILU seperti itu maka partai-partai khususnya PDI-P harus mulai menerapkan startegi marketing yang baik agar tetap mampu survive pada PEMILU 2004. Disisi lain pihak PDI-P saat ini sedang menghadapi banyak persoalan baik yang bersifat internal organisasi seperti kasus kasus KKN yang diduga melibatkan oknum-oknum kader PDI-P maupun persoalan eksternal partai seperti konflik dengan partai lain ,semua hal tersebut secara tidak langsung akan dapat mempengaruhi penilaian baik dari pendukung maupun dari non-pedukung yang pada akhirnya akan mempengaruhi tingkat perolehan suara Dihadapkan dengan keadaan seperti itu maka. PDI-P diharapkan dapat melakukan analisa perspsi bagaimana pendapat masyarakat terhadap PDI-P,dengan diketahui bagaimana persepsi dari masyarakat maka dapat dijadikan sebgai input dalam menyusun strategi marketing yang baik.Dalam penelitian ini akan diketahui bagaimana persepsi dari dua buah kelompok yaitu kelompok mahasiswa serta kelompok simpatisan PDI-P terhadap attriut dari PDI-P. Dari hasil analisa Attitude toward Object (Ao) diketahui bahwa nilai dari kelompok simpatisan sedikit lebih tinggi dari nilai kelompok mahasiswa,kemudian dari hasil analisa semantic differential ditemukan adanya persamaan dalam melihat kepentingan attribut pemilihan partai serta adanya kesamaan dalam memandang attribut PDI-P. Yang membedakan antara kelompok mahasiswa dengan kelompok simpatisan PDI-P adalah nilai yang diperoleh keompok PDI-P cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan nilai yang diperoleh oleh kelompok mahasiswa. Hasil analisa cluster menunjukan bahwa ada sebagian dari kelompok mahasiswa yang memandang baik terhadap PDI-P ,serta ada sebagian dari kelompok simpatisan PDI-P yang memandang PDI-P dengan buruk.

 File Digital: 1

Shelf
 S19428-Indra Kurnianto K.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S19428
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2003
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : viii, 111 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S19428 14-24-72715151 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20185180
Cover