Naskah :: Kembali

Naskah :: Kembali

Ruwatan

([Publisher not identified] , [place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified])

 Abstrak

Teks berisi uraian tentang tatacara mengadakan upacara ruwatan cara pedesaan, adapun yang diruwat adalah orang karubuhan dandang. Upacara dilakukan oleh dalang Ardaguna di kediaman Atmakarjana, seorang kamituwa di desa Maja, Pracimantara (Wanagiri). Di dalam teks ini diterangkan bahwa seseorang yang telah merobohkan dandang pada waktu dipakai untuk menanak nasi, maka orang tersebut harus diruwat. Tata cara ruwatan diatur dengan suatu ketentuan, antara lain: lakon wayang yang dipergunakan sebagai sarana meruwat adalah lakon Murwakala, yaitu kisah perjalanan Kala, anak Batara Guru mencari mangsa berupa manusia, salah satunya adalah orang yang telah merobohkan dandang tersebut. Dengan diadakan upacara ini, orang tersebut dapat terselamatkan dari ancaman Batara Kala. Naskah diperoleh Pigeaud dari Suparya di Yogyakarta pada tanggal 1 Agustus 1941. Keterangan referensi tentang upacara ruwatan dapat dilihat pada MSB/Pr.5, W.20a, 21; sedangkan tentang lakon Murwakala, dapat dilihat pada MSB/W.14,19,20b-c,22.

 File Digital: 1

Shelf
 WY.92-W 64.02_Ruwatan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : Naskah
No. Panggil : WY.92-W 64.02
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], [place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
Sumber Pengatalogan:
ISBN:
Tipe Konten:
Tipe Media:
Tipe Carrier:
Edisi:
Catatan Seri:
Catatan Umum: Aks. Latin; Prosa; ditulis di atas kertas bergaris, HVS; Rol 203.05
Deskripsi Fisik: 15 hlm.; 24 baris/hlm.; 20,6x16,3 cm.
Lembaga Pemilik:
Lokasi:
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
WY.92-W 64.02 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20187609
Cover