UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Prospek pengembangan asuransi Islam di Indonesia (Suatu studi perbandingan hukum asuransi konvensional di Indonesia dengan hukum asuransi Islam di Malaysia)

Muhammad Ridwan; H.M. Tahir Azhary, supervisor; Farida Prihatini, supervisor (Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 1993)

 Abstrak

Pembangunan yang sedang dilaksanakan di Indonesia dewasa ini membutuhkan investasi yang cukup besar, salah satu sumber investasi itu tersedia pada lembaga asuransi, yang berfungsi sebagai lembaga keuangan yang tugas utamanya menanggulangi resiko kerugian yang timbul dalam pembangunan Namun kenyataannya kini lembaga asuransi di Indonesia masih kurang mendapat perhatian, salah satu penyebabnya adalah adanya anggapan sebagian umat Islam di Indonesia bahwa dalam usaha asuransi terdapat praktek yang bertentangan dengan ajaran agama , seperti praktek Riba. Haisir (Judi) dan Gharar (ketidakjelasan/penipuan). Untuk mengantisifasi masalah itu salah satu alternatifnya adalah Usaha Asuransi Islam (Takaful), suatu model usaha asuransi yang mekanisme kerjanya di landasi oleh ajaran-ajaran Islam, seperti Takaful. (Perjanjian saling menjamin), Tabarru (Derma) dan Hudharabah (prinsip bagi hasil). Kini usaha Takaful ini telah diselenggarakan di Malaysia sejak dikeluarkannya UU Malaysia No. 312 tentang Takaful, usaha Takaful ini terus berkembang sampai sekarang.

 File Digital: 1

Shelf
 S20520-Muhammad Ridwan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S20520
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 1993
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 176 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S20520 14-22-79345423 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20200824
Cover