UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Implementasi aplikasi ujian online pada training karyawan menggunakan metode computerized classification test dengan adaptive feedback

Muhammad Luqman Adha; Anak Agung Putri Ratna, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

E-learning membawa perubahan paradigma sistem pendidikan, paradigma sistem pendidikan yang semula berbasis tradisional dengan mengandalkan tatap muka, maka dengan sentuhan dunia teknologi informasi khususnya dunia cyber (maya) beralih menjadi sistem pendidikan yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Konsep adaptive di dalam lingkungan e-learning telah memiliki berbagai macam bentuk implementasi. Salah satu bentuk implementasinya adalah pada proses evaluasi hasil pembelajaran siswa, seperti dengan melaksanakan ujian yang bersifat adaptive.
Dengan menerapkan konsep adaptive di dalam proses ujian maka akan memungkinkan siswa dengan kemampuan yang berbeda-beda untuk dapat memperoleh pertanyaan yang sesuai dengan tingkat kemampuannya masing-masing. Melalui adaptive assessment tingkat kemampuan siswa terhadap materi belajar yang diujikan akan dapat langsung diketahui. Evaluasi kepada peserta didik yang sesuai dengan estimasi kemampuannya akan sangat membantu dalam proses pembelajaran, pada sistem ini dirancang sebuah evaluasi yang berupa pemberian rekomendasi materi tertentu kepada peserta berdasarkan hasil ujiannya. Sehingga proses pembelajaran dapat dimaksimalkan.

E-learning brings a paradigm change in education system, educational system paradigm which was originally based by relying on traditional face to face meeting, then with a touch of technology especially the information technology (IT) it move into an education system that is not limited by space and time. Adaptive Concepts in e-learning environment had various forms of implementation. One form of implementation is in the process of evaluating student learning outcomes, such as by conducting examinations that are adaptive.
By applying the concept of adaptive in the examination process, it will allow students with different abilities to be able to get the questions to suit their ability level. Through the adaptive assessment of students' ability levels to learn the material tested will be immediately known. Evaluation to students according to ability estimation would be very helpful in the learning process, in this system designed an evaluation with a specific material recommendations to participants on the basis of his examination. So that the process of learning can be maximized.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S130
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 71 hlm.; ill.; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S130 14-17-082526089 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20210219
Cover