UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Tinjauan yuridis perlindungan merek dalam kemasan dagang : studi kasus putusan Mahkamah Agung No 37/ Pdt.Sus/2010 = Juridical review on the trademark protection for trade dress : case study of the supreme court decision No 37/ Pdt.Sus/2010

Tomy Pasca Rifai; Aritonang, Parulian Paidi, supervisor (Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif dengan memakai data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari objek penelitian dan data sekunder terdiri dari sumber bahan hukum primer, sumber bahan sekunder dan sumber bahan tersier. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah perlindungan merek dalam kemasan dagang. Merek sebagai suatu tanda pemasaran dan periklanan memberikan informasi tertentu kepada konsumen. Dengan demikian produsen harus menjaga reputasi mereknya sebaik mungkin karena reputasi bagus merupakan faktor yang membuat konsumen menjadi pelanggan produknya. Kemasan suatu merek produk mempunyai peranan penting untuk meningkatkan penjualan dan dapat dipakai sebagai media pengenalan dan informasi bagi konsumen. Hal ini menambah pentingnya kemasan, yaitu untuk membedakan asal-usul barang dan kualitasnya. Apabila terjadi tidakan persaingan usaha curang dengan cara meniru kemasan dagang, konsumen yang tadinya percaya akan kualitas bagus merek menjadi kecewa karena ada penurunan kualitas barang yang diperdagangkan tersebut. Pada akhirnya, reputasi merek tersebut menjadi hancur akibat tindakan-tindakan pelanggaran yang merugikan pemilik merek.Dalam kasus ini penulis ingin meninjau kasus pelanggaran merek yang terjadi, dimana terjadi persamaan pada pokoknya dalam suatu kemasan dagang. Pemboncengan reputasi dapat mencakup perlindungan packaging kemasan yang termasuk dalam perlindungan merek.

This study applying a normative juridical research method using primary data and secondary data. Primary data are data obtained directly from the object of research and secondary data consists of primary source legal materials, secondary source material and tertiary source material. This thesis is mainly discussed about trademark protection on trade dress. Brand as a sign of marketing and advertising to provide certain information to consumers. Thus, manufacturers must maintain its brand reputation as possible because a good reputation is a factor that makes the consumer buys the product. Packaging a product brand plays an important role to increase sales and can be used as a medium of introduction and information for consumers. This adds to the importance of packaging, which is to distinguish the origin of goods and quality. In the event of an act of unfair competition by copying trade dress, consumers who once believed in the good quality of the brand to be disappointed because there is degradation in the quality of the goods traded. Ultimately, the reputation of the brand ruined by actions that harm the brand owner violations. In this case the authors wanted to review the cases of brand infringement occurring, where there is equality in principle on a trade dress. Passing off can include packaging protection packaging is included in the brand protection.

 File Digital: 1

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S274
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2011
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 94 hlm. ; 30 cm. + Lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S274 14-20-308888145 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20234267
Cover