UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Validating The Sweetness Atttribute and Avo Analysis in Defining Fluid Contact inb Baturaja Formation At Cantik Field, South Sumatra Basin

Aurora Juniarti; Suprayitno Munadi, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Cantik adalah lapangan yang memproduksi minyak yang berlokasi di Blok South Sumatra Extension, yang merupakan daerah operasi dari Medco E&P. Lapangan Cantik telah memproduksi minyak dari 10 sumur. Prediksi perhitungan dari volume oil in-place sekitar 4.2 MMBO, sampai saat ini cadangan yang telah dihasilkan sekitar 1.3 MMBO. Dari 2 sumur yang terakhir ditemukan bahwa reservoir tight dan sulit untuk diprosuksi. Hal tersebut membuat tantangan yang lebih besar lagi untuk mengembangkan lapangan ini. Metoda atribut dan interpretasi konvensional mempunyai keterbatasan akses untuk mendeliniasi distribusi reservoir dengan tingkat heteroginitas tinggi. Berdasarkan permasalahan heteroginitas dan interpretasi dari perangkap stratigrafi yang komplek dari batugamping, menyebabkan sulitnya untuk mengembangkan dan mengelola lapangan Cantik. Kita membutuhkan suatu pendekatan yang baru untuk memecahkan masalah tersebut, pendekatan terbaru yang memungkinkan penentuan distribusi dari reservoir adalah dengan menentukan batas dari kontak fluida. Atribut "sweetness" menunjukkan rasio dari karbonat-serpih, namun pada kasus ini ditemukan juga korelasi atribut sweetness dengan keterdapatan fluida. Dari analisa AVO diharapkan dapat mendeteksi distribusi kontak fluida berdasarkan data seismic dan sumur. Diharapkan dari hasil validasi berbagai macam atribut diharapkan dapat mendeliniasi gambaran geologi yang kompleks ini. Kombinasi dari atribut sweetness dan analisa AVO memperlihatkan distribusi dan orientasi dari target reservoir. Metoda ini membantu kita untuk menentukan tidak hanya kesuksesan sumur eksplorasi, tetapi diharapkan dapat memberikan ide untuk menambah kolam minyak yang ada. Karena dari studi inilah, resiko dari penentuan sumur development dapat secara signifikan berkurang.

Cantik is an oil-producing field located in South Sumatra Extension Block, a Medco E&P operation area. Cantik has 10 oil producer wells. Oil in-place volumetric calculations predict approximately 4.2 MMBO, while the proven reserve is about 1.3 MMBO. From the two last drillings founded that the reservoir was tight and difficult to develop. From that point make bigger challenges to develop Cantik field. Conventional attribute and interpretation methods provide limited access for delineating a highly heterogeneous reservoir distribution. Due to the problems of heterogeneous limestone and complex stratigraphic trap interpretation, it is difficult to develop and manage Cantik field. We need new approach to solving Cantik field problem, new approach method that can help to define reservoir distribution is defining fluid contact from various attributes. Sweetness attribute was used to define carbonate-shale ratio, but in some case, we also can find the relationship between sweetness attribute and relative fluid content. And from AVO Analysis anlysis, can be detect fuid contact distribution base on well and seismic data. Hopefully with validation of various attribute can be delineated this complex geological feature. The validating of sweetnees attribute and AVO analysis reveals the distribution and orientation of the reservoir targets, which are consistent with well data. This method helped us to propose not only successful exploration wells but also gave us an idea about the extent of the pool. Because of this study, the risks of proposing development wells can significantly reduced.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T21604
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 67 pages : illustration ; 30 cm. + Appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T21604 15-19-297014596 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20236196
Cover