UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengembangan model matematika aliran tak tunak tak seragam dengan menggunakan metode empat titik implisit : pengujian stabilitas model untuk berbagai kondisi awal

Teguh Eko Winiharto; Herr Soerjantono, supervisor; Siti Murniningsih, supervisor ([Publisher not identified] , 1997)

 Abstrak


ABSTRAK
Sejalan dengan pembangunan yang mengakibatkan perubahan pola pemanfaatan sungai maka diperlukan suatu alat bantu yang dapat digunakan untuk mengetahui kondisi aliran sungai dengan mudah, murah dan cepat agar dapat dilakukan upaya perencanaan pengelolaan sungai yang memadai dan sesuai dengan kondisi aktualnya. Salah satu alat bantu yang dikembangkan adalah model matematika. Dan model ini diharapkan dapat mensimulasikan suatu sungai sebagai suatu aliran tak tunak tak seragam pada saluran terbuka. Melalui model matematika ini dapat diperoleh suatu gambaran dari sungai tersebut yang berisi informasi mengenai debit dan elevasi muka aimya untuk setiap selang waktu dan renlang jaralc yang ditinjau. Untuk dapat melakukan akiivitas simulasi tersebut diberikan sejumlah informasi sebagai masukan, dan diantaranya bempa parameter model yang memiliki kondisi optimum yang masih belum dikelahui.
Tulisan ini akan meneiiti harga-harga terbaik dari parameter model yang dapat di-
terapkan pada model matematika untuk mensimulasikan aliran tak tunak tak seragam pada saluran terbuka. Penelitian akan dilakukan dengan memberikan sejumlah harga, yang masing-masing mewakili suatu kondisi tertentu, yang diterapkan pada simulasi aliran tunak. Pengujian ditujukan pada kemampuan model umuk dapat mencapai kondisi konvergen pada keluaran yang dihasilkan simulasi tersebut. Hasil terbaik dari simulasi aliran tunak tersebut akan diambil sebagai harga optimum untuk diterapkan pada simulasi terhadap aliran tak tunak-sebagai kondisi awal yang terbaik.
Hasil akhir dari penulisan ini adalah suatu kesimpulan bahwa harga-harga para-
meter terbaik yang didapatkan melalui simulasi aliran tunak dapat diterapkan pada simulasi aliran tak tunak tak seragam dengan hasil sesuai yang diharapkan.

 File Digital: 1

Shelf
 S34671-Teguh Eko Winiharto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S34671
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 65 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S34671 14-19-725137111 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20238799
Cover