UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Dampan percepatan pelaksanaan proyek terhadap biaya dan pengaturan tenaga kerja proyek Indocement Tunggal Prakarsa pada bangunan packing house

Sri Handoyo; Bambang S., supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Makin majunya Cara-cara pelaksanaan konstruksi dewasa ini menyebabkan Inakin perlunya menerapkan prinsip-prinsip manajemen yang balk di dalam mencapai sasaran-sasaran kegiatan pelaksanaan pekerjaan di suatu proyek.
Hal ini terutama disebabkan oleh waktu yang tersedia untuk mencapai hasil karya yang diminta mempengaruhi banyak hal, terutama biaya yang dipergunakan untuk penanaman modal pembangunan suatu proyek, sehingga orang mulai menghargai waktu sebagai suatu dimensi yang sangat penting. Dengan demikian, maka hasil produksi optimal dengan mute yang memenulii persyaratan teknis dalam waktu yang minimal merupakan suatu 'tuntutan yang wajar.
Biaya dan tenaga kerja merupakan sumber daya yang akan mengalami banyak perubahan bila dilakukan percapatan waktu pelaksanaan proyek, untuk itu perlu mendapatkan perhatian yang optimal dan continue, agar terlaksananya pelaksanaan percepatan itu sendiri akan menghasilkan keuntungan, balk dari segi waktu maupun biaya.
Studi tentang Dampak Percepatan Pelaksanaan Proyek Terhadap Biaya dan Pengaturan Tenaga Kerja ini, disajikan supaya berbagai pihak dapat meliliat Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan percepatan, untuk dapat mengambil tindakan dan analisa yang tepat, guna mengambil keuntungan dari pelaksanaan percepatan tersebut.
Studi yang dipakai adalah dengan cara menganalisis setiap kegiatan yang terdapat dalam diagram CPM, terutama kegiatan-kegiatan yang melalui jalur kritis. Sumber-sumber daya yang digunakan sebelum dilaksanakan percepatan dan setelah melakukannya hares dianalisis dengan tepat agar dapat mencapai sasaran yang diinginkan dengan benar dan tidak terjadi pemborosan pemakaian sumber daya, karena dengan pelaksanaan percepatan sumber-sumber daya tersebut akan meningkat kebutuhannya, sehubungan dengan bertambahnya kegiatan yang hares diselesaikan.
Dari hasil studi yang dilaksanakan didapatkan hasil bahwa waktu mempunyai niiai tersendiri dari seluruh anggaran proyek, sehingga percepatan waktu pelaksanaan proyek secara tepat dapat memberikan keuntungan tersendiri, terutama keuntungan dalam hal waktu dan biaya.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pada saat percepatan pengaturan tenaga kerja harus dilakukan dengan baik sehingga jumlah tenaga kerja yang meningkat akibat adanya percepatan, akan meghasilkan basil pekerjaan yang seimbanglmeningkat kuantitasnya dan dengan jumlah tenaga yang lebih banyak pula, hares diperhatikan faktor K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), sehingga pelaksanaan pekerjaan di proyek tersebut tidak akan terjadi hal-hal yang merugikan, contohnya: terjadinya kecelakaan di proyek, lingkungan kerja yang tidak sehat dan sebagainya.
Dari contoh Proyek Pembangunn pabrik Indocement Tunggal Prakarsa, dapat dilihat bahwa pengaruh yang timbul dengan adanya percepatan selama 4 bulan adalah terjadinya peningkatan biaya sebesar Rp. 142 Juta pada scat dilaksanakannya percepatan. Tetapi nilai pengeluaran proyek secara keseluruhan biia dijumlah di akhir masa penyelesaian proyek itu sendiri, terdapat penghematan biaya, balk bagi pemilik proyek yaitu Rp. 5,438,000.000,- ataupun bagi kontraktor pelaksana yaitu Rp. 7.486.000.000,- Hal ini disebabkan karena bila tidak dilaksanakannya percepatan, maka proyek akan mundur selama 4 bulan, yang, berarti Jana yang ki.ta tanamkan pada proyek tersebut akan membengkak sebagai akibat dari berjalannya fungsi waktu sebagai pengaruh dari berlakunya suku bunga bank yang ada.

 File Digital: 1

Shelf
 S35674-Sri Handoyo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S35674
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 47 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S35674 14-19-230511881 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20239188
Cover