UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap produktivitas tenaga pada proyek pembangunan gedung Perpustakaan FTUI

Aprila Ardhi Nugroho; Yusuf Latief, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Dalam suatu proyek konstruksi yang sangat berpengaruh pada berhasil atau tidaknya suatu proyek adalah faktor produktifitas tenaga kerja. Produktifitas tenaga kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor yang merupakan bagian dari dua faktor utama, yaitu faktor internal dan eksternal. Beberapa faktor tersebut secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi pelaksanaan proyek. Faktor-faktor di atas akan dihadapi oleh setiap proyek, sehingga perlu dianalisa sebaai bahan pertimbangan untuk proyek-proyek selanjutnya. Hasil analisa tersebut akan memudahkah pelaksana untuk mengestimasi waktu, material dan peralatan yang dibutuhkan untuk melaksanakan aktifitas proyek berikutnya.
Pengalaman dari proyek-proyek sebelumnya juga akan memudahkan bagi pelaksana untuk mengantisipasi masalah yang mungkin akan dialami serta bagaimana cara penanganannya yang tepat. Dari fenomena tersebut diharapkan akan terjadi suatu pelaksanaan proyek yang optimal sehingga dapat menekan kerugian akibat kekurangtepatan dalam mengestimasi waktu dan hal-hal yang dibutuhkan oleh proyek, serta dapat mengantisipasi faktor-faktor baik internal maupun eksternal yang dapat mempengaruhi produktifitas tenaga kerja.
Penelitian ini memberikan gambaran mengenai hubungan antara beberapa faktor internal dan eksternal dengan tingkat produktifitas tenaga kerja pada proyek pembangunan gedung Perpustakaan FTUI tahap dua, yaitu seberapa besar pengaruh dari faktor-faktor tersebut terhadap kinerja tenaga kerja serta dampaknya terhadap pelaksanaan proyek di lapangan. Serta hasil analisa mengenai faktor-faktor apa saja yang mungkin dapat meningkatkan atau menghambat produktifitas tenaga kerja.

 File Digital: 1

Shelf
 S34718-Aprila Ardhi Nugroho.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S34718
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 85 hlm. ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S34718 14-21-94953715 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20239361
Cover