UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kajian nilai volume per capacity ratio akibat perubahan tataguna lahan pada kawasan Segi Tiga Senayan

Andre; Heddy Rohandi Agah, supervisor; R. Jachrizal Sumabrata, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Suatu bangunan atau kawasan mempunyai kemampuan untuk membangkitkan perjalanan. Besarnya perjalanan yang dibangkitkan oleh dan ditarik ke kawasan tersebut sangat bergantung kepada luas lahan, fungsi, klasifikas, dan lokasi serta pengembangan pada kawasan lain yang berdekatan. Suatu studi dampak lalu lintas seringkali dilakukan unutk memperkirakan tingkat pelayanan ruas jalan yang memuat bangkitan dan tarikan perjalanan, dimana hal ini terjadi akibat pengembangan kawasan disekitar ruas jalan tersebut. Tingkat pelayanan ruas jalan umumnya dinyatakan dalam nilai Volume per Capacity (V/C) ratio, yang menyatakan perbandingan jumlah kendaraan yang melintas dengan kapasitas maksimum yang dapat ditampung ruas jalan tersebut.
Hasil studi dampak lalu lintas akan memberikan rekomendasi manajemen lalu lintas berdasarkan perkiraan nilai V/C ratio untuk tahun mendatang, umumnya berupa pelebaran jalan ataupun pembangunan jalan baru guna meningkatkan kapasitas untuk mengantisipasi peningkatan volume arus lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah nilai V/C ratio pada suatu tahun rencana sesui dengan yang diperkirakan konsultan ataupun pihak perencana transformasi. Perbedaan nilai V/C ratio akan dianalisa dan dikaitkan dengan perubahan pola tata guna lahan di kawasan tersebut dan sekitarnya.

Certain buildings or zones have the ability to generate trip. The amount trips generated and attracted into the zone is highly related to its properties such as total area, function, classification, location and not to forget the othe developing adjacent zones. Traffic Impact Assessment is a study that usually has been made to forecast the Level of Service of a road segment that accommodates trip generation and attraction, which are present because of the zone development around the road segment. Level of Service is commonly stated in Volume per Capacity (V/C) ratio, which states the comparation between total vehicle flow with the maximum capacity that can be accommodated by the road segment.
Traffic management recommendation will be given as a result of the traffic impact study that forecasts V/C ratio value for incoming years, usually consists of road widening or new road construction for capacity raise to anticipate the growth of traffic volume. This thesis is made to study whether the V/C ratio value for a target year is according to the one that had been predicted by consultant or transportation planner. Difference of the values will be analyzed and linked to the change of land use pattern of the zone and adjacent zones.

 File Digital: 1

Shelf
 S35444-Andre.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S35444
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 62 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S35444 14-21-46444477 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20239430
Cover