UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Estimasi biaya contingency pada proyek konstruksi bangunan industri berdasarkan komponen pekerjaan proyek.

Ahmad Arif C.; Yusuf Latief, supervisor; Setyo Supriyadi Sipadi, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Sebelum suatu proyek konstruksi dilaksanakan, perlu dilakukannya suatu proses estimasi biaya. Biaya contingency merupakan bagian dari biaya tidak langsung yang digunakan untuk menutupi pertambahan biaya dari kondisi yang unpredictable dan uncotrolable. Pada penelitian ini dilakukan suatu analisa biaya contingency dengan pendekatan kuantitatif pada proyek konstruksi bangunan industri yang ditinjau berdasarkan biaya total dan biaya komponen pekerjaannya. Yaitu pekerjaan tanah dan pondasi, pekerjaan struktur, pekerjaan atap, pekerjaan dingding, pekerjaan finishing dan pekerjaan mekanik-elektrik.
Dengan melakukan analisa ini diharapkan dapat diestimasi biaya contingency untuk proyek industri selanjutnya. Analisa biaya contingency dapat dilakukan dengan bantuan SPSS Software, Cristal ball Software dan Project Risk Analysis Software. Prinsif perhitungannya didasarkan simulasi Monte Carlo. Output yang dihasilkan adalah tabel dan kontur contingency yang menghubungkan antara biaya proyek dengan persentase contingency pada confidence level tertentu yang disertai probabilitas kejadiannya.
Pada penelitian ini, didapatkan persen contingency biaya total pada confidence level 80% dengan probabilitas kejadian 95% adalah 3.31% - 3.76% untuk biaya proyek sebesar 300 J sampai dengan I M ; 3.38% - 3.75% untuk biaya proyek sebesar 1.1 M sampai dengan 2 M, 3.53% - 3.72% untuk biaya proyek sebesar 2.1 M sampai dengan 5 M ; dan 3.66% - 3.84% untuk biaya proyek sebesar 5.1 Msampai dengan 8 Milyar. Kata kunci : Estimasi, Cost Contingency, Komponen pekerjaan proyek, Simulasi

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S35428
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 117 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S35428 14-21-95456523 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20239439
Cover