UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Identifikasi faktor-faktor dari kualitas estimasi yang berpengaruh terhadap penurunan profit proyek konstruksi gedung bertingkat

Pijar Pertiwi; Yusuf Latief, supervisor; Asiyanto, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya penurunan profit. Faktor-faktor tersebut bisa terjadi pada setiap tahapan proyek, tetapi yang terpenting adalah faktor yang berkaitan dengan estimasi biaya. karena estimasi merupakan tahapan awal dan penyusunan biaya. Oleh karena itu faktor-faktor yang menyebabkan penurunan profit berkaitan dengan kualitas estimasi harus diidentifikasi. Penelitian dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner ke berbagai perusahaan konstruksi di Jakarta dimana penelitian dibatasi oleh kualifikasi proyek gedung bertingkat. Selain penelitian lapangan, dilakukan Juga penelitian kepustakaan sehingga dapat dilakukan analisis penelitian dan mengambit kesimpulan. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan berbagai metode untuk mencari faktor-faktor yang signifikan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif, analisis deskriptif, analisis kuantitatif (AHP) serta analisis secara statistik, dimana setiap metode analisis memiliki sisi peninjauan yang berbeda-beda. Faktor dari kualitas estimasi yang dapat menurunkan profit proyek berkaitan erat dengan kualitas estimator atau cost engineer dalam studi dokumen kontrak, spesifikasi, gambar, survey lokasi serta ketepatan dalam menentukan metode estimasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesaiahan metode konstruksi maupun estimasi serta melakukan perhitungan dengan langsung mengurangi persentase direct cost tanpa meninjau direct cost dan BQ proyek adalah variavel yang signifikan.

 File Digital: 1

Shelf
 S35095-Pijar Pertiwi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S35095
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 130 hlm. il. 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S35095 14-21-56003579 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20239467
Cover