UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perbaikan struktur balok beton bertulang yang telah mengalami keruntuhan akibat overloading dengan menggunakan bahan perbaikan concresive 1438 dan injection resin LPL,serta bahan perkuatan M-brace laminate

Regita Anggriyani; Sjahril A. Rahim, supervisor; Madsuri, supervisor (Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Dalam berbagai jenis konstnxksi, banyak sekali digunakan struktur beton bertulang.. disamping keuntungan dalam pemakaian beton bertulang, salah satunya adalah karena pembangunan struktur beton bertulang lebih mudah dalam pelaksanaanya. Namun pada kenyataannya di Iapangan, tak sedikit kerusakan yang terjadi pada stuktur beton bertuiang. Kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah kerusakan yang disebabkan oleh pengaruh Esika, mekanika, dan kimia.
Pembahasan pada skripsi ini mengambil fokus kerusakan akibat pembebanan berlebih (overload). Untuk menangani kerusakan tersebut akan dilakukan perbaikan struktur beton bertulang dengan menggunakan bahan perbaikan concresive1438, Injection Resin LPL sebagai bahan perbaikan, dan M-Brace Laminate sebagai bahan perkuatan Perbaikan yang akan dilakukan adalah dengan metode injeksi dan perekatan bahan perkuatan pada sisi bawah balok.
Penelitian yang akan dilakukan, selain didasarkan pada studi literatur, juga dilakukan simulasi perbaikan balok dengan melakukan perbaikan modul balok yang telah runtuh diikuti dengan pengujian guna mendapatkan kinerja dan kapasitas dari balok perbaikan tersebut. Hasil dari penelitian minimal hams sama dengan perilaku balok beton utuh.
Simulasi dan pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa balok yang mengalami perbaikan dengan material concresivel438, Injection Resin LPL, dan M-Brace Laminate, memiliki I-cinerja yang baik apabila digunakan secara bersamaan. Sehingga dapat digunakan pada pekerjaan perbaikan kerusakan struktur akibat pembebanan berlebih.

In many kind of construction, lots of themuse reinforced concrete structure. One of the benefits of using reinforced concrete is it has high workability. Nevertheless in reality, damage in reinforced concrete did happened. The damage could be cause by lots of factors, some of them caused by physical, mechanical? and chemical affection.
The study in this thesis lakes focus on damage caused by overloading. To handle the damage, a reparation will be taken using Concresive 1438 and Injection Resin LPL as repairing material, and M-Brace Laminate as strengthening material.The reparation will be done using the injection method and bonding tl1e strengthening material at the bottomside of the beam.
The study taken not only based on literally study, but also on beam repairing simulation, by conducting reparation on beam modul, which has been failure, followed by test to get the ability and cappacity of the repaired beam. The result of the study must have the minimun strength as the normal beam.
The smulation and test that have been conducted, shows tat the beamthat have been repaired with Concresive 1438, Injection Resin LPL, and M-Brace Laminate material has better results. So the repairing method can be used to repair damage on reinforced concrete structure caused by overloading.

 File Digital: 1

Shelf
 S35238-Regita Anggriyani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S35238
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvii, 85 hlm. il. 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S35238 14-21-168213351 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20239631
Cover