UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Respon pilar beton bertulang terhadap beban impact dengan program drain-2DX

Arie Wiryo; Sjahril A. Rahim, supervisor; Josia Irwan Rastandi, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Pada jembatan, pilar biasa digunakan untuk menerima semua gaya yang diterima oleh jembatan dan menyalurkannya ke pondasi. Tentunya pilar ini juga yang akan menahan gaya apabila pada jembatan terjadi sebuah ledakan bom.
Material dimodelkan nonlinear dengan program Drain-2DX. Untuk permodelannya, struktur dibagi menjadi segmen-segmen dan kemudian dibagi lagi menjadi fiber-fiber.
Struktur diberi beban statik ekivalen secara bertahap sampai runtuh bam kemudian diberi gaya ledak yang besarnya sama dengan penambahan beban statik ekivalen sampai struktur tersebut runtuh. Untuk variabelnya diambil periode gaya ledak yang berbeda-beda.
Analisa dilakukan pada regangan dan tegangan pada fiber-fiber untuk setiap periode pembebanan sesaat sebelum runtuh. Analisa juga dilakukan pada Iendutan yield, beban yield, beban runtuh, time history lendutan, kekakuan, dan daktilitas.
Dari analisa ini diketahui bahwa peningkatan/penurunan kekakuan, daktilitas, dan beban runtuh dari pilar beton bertulang terhadap gaya Iedak sangat dipengaruhi oleh perbandingan antara periode pembebanan dan periode struktur. Semakin kecil perbandingan antara peiode beban dan periode stuktur maka responnya semakin kecil sehingga beban dinamik yang bisa ditahan oleh struktur menjadi lebih besar, begitu juga sebaliknya apabila perbandingannya semakin besar maka responnya semakin besar dan beban dinamik yang dapat ditahan hanya sedikit bahkan bisa lebih kecil daripada beban statik.

 File Digital: 1

Shelf
 S35242-Arie Wiryo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S35242
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 42 hlm. il. 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S35242 14-21-443902049 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20239635
Cover