UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Faktor-faktor yang menunjang keberhasilan manajemen waktu proyek dengan pendekatan konsep Project Management Institute (PMI) pada suatu proyek konstruksi = Supporting factors for succesfully implementing project time management in construction project based on Project Management Institute (PMI) concept

Ahmad Zul Hakim; Bambang Trigunarsyah, supervisor; Leni Sagita Riantini, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Dewasa ini ilmu Manajemen Proyek sangat diminati sehingga banyak ilmu baru yang dilahirkannya. Sebagai pioneer dalam ilmu Manajemen Proyek, Project Management Institute (PMI) salah satunya yang fokus terhadap ilmu tersebut. Dimana PMI menerbitkan pedoman khusus manajemen proyek yaitu Project Management Body of Knowledge (PMBOK) dan pedoman ini sudah banyak diterapkan di berbagai negara. Di Indonesia konsep PMI ini sudah diterapkan pada kontraktor terkemuka di Indonesia. Salah satunya PT. Rekayasa Industri yang mempunyai konsep khusus dalam manajemen proyek yang dinamakan Sistem Manajemen Proyek Rekayasa (SIMPROSA). SIMPROSA dibuat dengan mengacu pada pendekatan konsep PMI dengan mempertimbangkan proses bisnis, karakteristik perusahaan, dan aturan-aturan pelaksanaan proyek yang telah berjalan dilingkungan PT. Rekayasa Industri.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menunjang keberhasilan manajemen waktu proyek dengan pendekatan konsep Project Management Institute (PMI). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan mendapatkan data-data yang berkaitan dengan manajemen waktu proyek dan dievaluasi dengan mengajukan pertanyaan kepada pihak-pihak yang terkait.
Dari hasil penelitian didapat faktor-faktor utama dan pendukung keberhasilan manajemen waktu proyek. Faktor-faktor utama adalah historical data lengkap, expert judgement, pemahaman mengenai SIMPROSA, Engineer ahli dalam membuat penjadwalan, WBS yang detail dan sesuai kebutuhan, koordinasi antar bagian proyek, mendokumentasikan proyek. Sedangkan faktor-faktor pendukung adalah SIMPROSA konsep yang sederhana, dilengkapi dengan template yang memudahkan dalam pendefinisian scope dan pengontrolan proyek.

In recent years, project management as an approach has grown significantly. Project Management Institute (PMI) have long been acknowledged as a pioneer in the field and focused on the needs of project management sciences. PMI has a premiere standards document, A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK_ Guide), which is recognized throughout the world as a standard for managing projects. PT. Rekayasa Industri has a developed a system in project management namely Sistem Manajemen Proyek Rekayasa (SIMPROSA). SIMPROSA which is made with approach PMI?s concept and consider in business process, enterprise characteristic and regulation in PT. Rekayasa Industri.
The objective of this research is to identify supporting factors for succesfully implementing project time managament in construction project based on Project Management Institute (PMI) concept. It is followed by a case study with collecting project time management?s data and evaluating with interview many responden.
Results of this research obtain main and support factors of succeed to project time management. The main factors include historical data, expert judgement, understand abaout SIMPROSA, Engineer who expert to make a schedule, details WBS, coordination of team project and make a project documentation. The support factors are a simple concept of SIMPROSA and a template in SIMPROSA that easily make a scope definition and control project.

 File Digital: 1

Shelf
 S35146-Ahmad Zul Hakim.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S35146
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 67 hlm.ill.30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S35146 14-21-95646225 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20239679
Cover