UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kesadaran keselamatan kerja pada perusahaan jasa konstruksi berskala kecil dan menengah = Awareness of safety and health in workplace at middle and small scale construction service firm / Novi Mekanisari

Novi Mekanisari; Bambang Trigunarsyah, supervisor; Irma Gusniani Danumihardja, supervisor ([Publisher not identified] , 2006)

 Abstrak

ABSTRAK
Kesehatan dan keselamatan kerja adalah hal yang sangat penting dalam pelaksanaan suatu proyek, karena sangat berperan besar dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman sehingga dapat menunjang produktivitas tenaga kerja. Namun biasanya pada perusahaan jasa konstruksi berskala kecil dan menengah, masalah K3 belum mendapat perhatian yang cukup besar dari pihak manajemen perusahaan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai sejauh mana tingkat kesadaran keselamatan kerja yang terdapat pada perusahaan jasa konstruksi berskala kecil dan menengah.
Pertumbuhan pembangunan yang semakin pesat harus diimbangi dengan peningkatan upaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang baik pula. Dalam suatu pembangunan, produktivitas kerja sangat dituntut kompensasinya, karena itu sebagai syarat utama dibutuhkan tenaga kerja yang sehat dan produktif. Untuk menjamin kesehatan dan keselamatan tenaga kerja maupun orang lain, serta sumber produksi dan lingkungan kerja secara aman, maka diperlukan program K3 dan kesadaran penuh dari semua pihak untuk melaksanakannya demi keberhasilan penerapan program K3 tersebut.
Metode yang digunakan adalah studi kasus pada 2 perusahaan jasa konstruksi, yaitu dari golongan kecil dan menengah. Dimana dari masing-masing perusahaan tersebut akan ditinjau 2 proyek yang sedang berjalan di lapangan. Pengolahan data dilakukan secara kualitatif, yaitu hanya melihat sejauh mana tingkat kesadaran yang timbul dari pemahaman terhadap peraturan K3 perusahaan. Sumber data yang digunakan adalah melalui data primer (wawancara kepada responden dan observasi lapangan) dan data sekunder (studi pustaka).
Dari hasil penelitian ini pada akhirnya didapatkan gambaran mengenai tingkat kesadaran keselamatan kerja pada perusahaan jasa konstruksi berskala kecil dan menengah, yaitu bahwa tingkat kesadaran akan K3 yang dimiliki belum terlalu tinggi, karena pemahaman akan kebijakan K3 itu sendiri juga masih rendah.

ABSTRACT
Safety and health in workplace is very important matter in execution a project, because it have a central role in creating peaceful workplace so that can support labour productivity. But usually at middle and small scale construction service firm, problem of safety and health in workplace do not have enough attention from company management. So, this research aim to see how far awareness of working safety found on middle and small scale construction service firm.
Growth of development in a country which fast progressively also have to make balance with improvement of health and safety in workplace effort. In a development, worked productivity very claimed by its compensation, in consequence as required by especial condition of productive and healthy labour. To guarantee the health and safety of others, labour and also the source of production and environment work safely, hence needs a health and safety program and fulled of awareness from all people to do it for the shake of efficacy of this program.
This program method used case study at 2 construction service firm, that is from middle and small scale. Where from each company will be evaluated of 2 project that which is exist in field. Data processing is qualitative, that is only seeing how far awareness that arising out from understanding the regulation of safety and health in workplace in that company. Data source used a primary (respondent interview and field observation) and secondary (book study].
From result of this research is showing that awareness level of safety and health in workplace program at middle and small scale construction service firm is not too high, because understanding level of that program itself also still lower.

 File Digital: 1

Shelf
 S35175-Novi Mekanisari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S35175
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 110 pages : illustration ; 30 cm + apppendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S35175 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20239689
Cover