UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisa kecelakaan pada jalan pantura dari losari sampai dengan semarang dengan menggunakan tabulasi sederhana = Accident analysis on pantura road from losari through semarang by means of simple tabulation

Krisnadi Aribowo; Siregar, Martha Leni, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Jumlah kecelakaan lalu lintas di jalan-jalan di Indonesia setiap tahun menunjukan kenaikan seiring dengan pertambahan jumlah kendaraan yang juga semakin meningkat. Tingkah laku pengguna jalan, kendaraan yang dipakai, dan kondisi fisik serta lingkungan merupakan faktor-faktor yang menyebabkan kecelakaan dapat terjadi.
Dalam analisis kecelakaan pada jalan Pantura dari Losari s/d Semarang dengan metode Tabulasi sederhana dipilih penulis untuk melakukan analisis mengenai faktor-faktor yang dapat mencegah / mengurangi jumlah kecelakaan.Dari analisis ini dapat diambil suatu kesimpulan yaitu halhal apa saja yang menjadi penyebab kecelakaan dan bagaimanakah cara untuk mencegah / mengurangi jumlah kecelakaan tersebut.
Sumber yang dipakai oleh penulis dalam analisis ini adalah bersumber dari data sekunder, yaitu dari data laporan kepolisian yang dituangkan dalam grafik-grafik jumlah kecelakaan tiap segmenjalan yang ditentukan oleh penulis.
Dari analisis detail diperoleh gambaran tingkat kecelakaan dijalan pantura per segmen dari jumlah kecelakaan terbanyak ini terjadi karena faktor pengendara yang kurang berhati-hati (32, 9 %), lokasi kecelakaan yang paling sering terjadi adalah pada kondisi jalan yang lurus (56,16 %) dan menurut polanya, maka tabrakan samping / sudut siku-siku kendaraan yang paling sering terjadi (25,82 %).

The number of accident on many roads in Indonesia has been increasing every year along with the increasing of vehicles. Motorists' attitude, vehicles which are used, and the condition of the roads are some of the factors which cause it.
The research was designed to analyze the accident on Pantura road from Losari to Semarang by means of simple tabulation, for the purpose of accident reduction and prevention.
The sources used on this analysis were from secondary data, those are taken from the police report which then rewritten in graphics cumulative of the number of accident.
Based on the detailed analysis, it was concluded that the most accident ocurred because of the inattention driver (32, 99%), the straight road was the place where accident mostly ocurred (56, 16%). According to accident pattern, right-angle collision was often ocurred in accident(25, 82%).

 File Digital: 1

Shelf
 S35752-Krisnadi Aribowo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S35752
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 54 hlm. : il. ; 30 cm. + lamp
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S35752 14-20-784871026 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20239761
Cover